Elektabilitas Ridwan Kamil Terpaut Jauh Dengan 3D

BANDUNG – Nama Ridwan Kamil unggul sebagai calon gubernur Jawa Barat (Jabar) 2024 bila pemilihan kepala daerah digelar sekarang. Elektabilitas Ridwan Kamil terpaut jauh dengan Dedi Mulyadi yang menempati posisi kedua dan Dede Yusuf di urutan ketiga. Sedangkan Deddy Mizwar berada di posisi keempat.

Manajer Program Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mencatat, Ridwan Kamil unggul sebagai calon gubernur Jawa Barat 2024 bila Pilkada Jabar digelar sekarang. Elektabilitas Ridwan Kamil terpaut jauh dengan tokoh yang berada di urutan kedua.

Dengan responden masyarakat Jawa Barat, Ridwan Kamil mendapatkan elektabilitas sebesar 29,2 persen dalam simulasi top of mind. Di urutan kedua, politikus Golkar Dedi Mulyadi dengan elektabilitas 10,7 persen.

Kemudian urutan ketiga ditempati Dede Yusuf dengan elektabilitas 2 persen, kemudian Deddy Mizwar 1,4 persen, serta Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono dengan elektabilitas 0,9 persen. Sementara responden yang belum menjawab mencapai 52,2 persen.

“Dukungan yang tinggi pada Ridwan Kamil konsisten dalam beberapa simulasi,” ujar Saidiman Ahmad saat rilis survei secara daring, Selasa (15/2).

Ridwan Kamil juga unggul dalam simulasi semi terbuka. Ia mendapatkan elektabilitas sebesar 39,2 persen. Disusul Dedi Mulyadi 19,6 persen, Deddy Mizwar 4,5 persen, dan Dede Yusuf 4,2 persen. Sejumlah nama lain masih berada di bawah 3 persen. Sedangkan yang belum menjawab mencapai 21,9 persen.

Dalam simulasi lima nama, elektabilitas Ridwan Kamil semakin kuat di angka 47,8 persen. Diikuti oleh Dedi Mulyadi 23,1 persen, Dede Yusuf 8 persen, Uu Ruzhanul Ulum 2,9 persen, dan Ono Surono 1,6 persen. Responden yang mengaku belum tahu sekitar 16,6 persen.

Survei SMRC digelar 5-8 Februari 2022 dengan wawancara melalui telepon. Sebanyak 801 responden diambil secara acak dari warga Jawa Barat yang sudah berusia 17 tahun ke atas. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (and)

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan