Disnakertrans Jabar Gencarkan Sosialisasi Pemahaman Perusahaan Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Pekerja

BANDUNG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat gelar bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional yang diperingati setiap tahun. Tujuannya untuk memasyarakatkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Puncak peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat digelar pada hari Kamis tanggal 10 Februari 2022 yang berlokasi di PT. Feng Tay Enterprises Kabupaten Bandung.

Pertimbangan pemilihan lokasi tersebut, lantaran memiliki kepedulian terhadap tenaga kerja penyandang disabilitas,  pemenuhan norma ketenagakerjaan, serta yang telah menyusun dan menerapkan struktur dan skala upah.

Adapun rangkaian acara puncak peringatan Bulan K3 Tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu: Penyerahan Piagam Penghargaan kepada perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas kepada PT. Feng Tay Indonesia Enterprises, PT. Chang Shin Reksa Jaya, PT. Chang Shin Indonesia.

Diketahui sebelumnya, Pada Tahun 2022, Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional mengusung tema “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi”, tema tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 202 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2022.

Kepala Disnakertrans Jabar, Rachmat Taufik Garsadi mengatakan, salah satu rangkaian kegiannya ialah pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam upaya pemenuhan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada perusahaan di Jawa Barat.

“Penghargaan diberikan kepada DPW Perkumpulan Pengusaha Jasa K3 Riksa Uji Indonesia Provinsi Jawa Barat, Asosiasi Lembaga Pelatihan/Pembinaan K3 Indonesia DPW Provinsi Jawa Barat, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat,” ucap Kadisnakertrans Jabar, di Bandung, Kamis (10/1).

Tidak hanya itu, penghargaan diberikan kepada perwakilan perusahaan yang memiliki komitmen dalam penerapan Sistem Manajeman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) serta perusahaan yang memiliki dedikasi dan prestasi dalam Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Tempat Kerja.

Selain itu, Disnakertrans Jabar pun melakukan pemeriksaan dan/atau pengujian objek K3 Elevator, Instalasi Penyalur Petir dan Instalasi Proteksi Kebakaran di PT. PLN (Persero) UP3 Bandung.

“Kegiatan pemeriksaan dan/atau pengujian objek K3 di PT. PLN (Persero) UP3 Bandung dimaksudkan untuk memastikan seluruh objek K3 memenuhi persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja, sehingga pada akhirnya dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan