Sulit Akses, Ikatan Alumni SMAN 5 Bangun Jembatan Gantung Perintis di Desa Nanggerang

BANDUNG – Akses masih menjadi persoalan bagi masyarakat yang berada di pedesaan, sehingga mau tidak mau menempuh jarak berkilometer untuk ke kota. Hal tersebut, dialami oleh warga di 4 dusun terisolir di Desa Nanggerang Cililin Kabupaten Bandung Barat, dimana untuk ke akses ke kota membutuhkan jarak memutar sekitar 7 Kilometer.

Melihat kondisi tersebut, Ikatan Alumni SMAN 5 (IA Lima) bersama vertical rescue dan sejumlah komunitas lainnya, membangun jembatan gantung perintis di desa tersebut sehingga akses masyarakat lebih mudah.

Wakil Ketua IA Lima Bidang Eksternal, Nur Dina Shahab 589 mengatakan bahwa jembatan gantung perintis tersebut dibangun di atas sungai, yang menghubungkan 4 dusun Desa Nanggerang terisolir menuju akses ke kota yang berada di sebrang sungai.

“Bentangan jembatan gantung tersebut sekitar 70 meter, sehingga akses lebih cepat. Selama ini warga dusun harus memutar sejauh 7 KM untuk membawa hasil panennya ke kota,” ungkapnya saat dihubungi, Bandung, Senin (7/2/2022).

Menurutnya bantuan tersebut, berawal dari diskusi para alumni SMAN 5 Bandung dengan komunitas pecinta alam. Dimana ada dusun yang kesulitan akses, padahal merupakan salah satu produsen cabe terbaik di KBB.

Melalui Aksi Lima, para alumni dan komunitas bersama-sama dan gotong royong membangun jembatan gantung di desa tersebut. Dengan harapan roda perekonomian masyarakat dapat  lebih baik dan akses lebih mudah.

“Semoga jembatan gantung perintis ini, memberikan kontribusi pada laju tingkat perekonomian, kesehatan pendidikan dan mempererat hubungan beragama para penduduk Desa Nanggerang, sehingga kesejahteraan dapat meningkat,” jelasnya.

Nur Dina menjelaskan bahwa Aksi Lima merupakan ide original pengurus ikatan alumni SMA Negeri 5 Bandung untuk gerakan sosial dan sumbangsih kepada masyarakat dengan motto “cepat dan babarengan”.

Sebelum membangun jembatan gantung perintis di Desa Nanggerang, pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan sosial lainnya. Seperti Gebyar 1000 Al-Quran dan pemberian bantuan bagi civitas SMAN 5 Bandung dan warga sekitar sekolah yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain itu, juga melaksanakan vaksinasi massal dosis 1 dan 2 kepada siswa, orang tua siswa, tenaga pendidik serta warga sekitar SMAN 5 Bandung. Dimana seluruh pelaksana kegiatan merupakan para alumni sekolah tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan