Jangan Buang Kulit Jeruk, Ini Manfaatnya

JAKARTA – Kulit jeruk memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dalam kulit tersebut terdapat vitamin C, animo nitrogen, protein, magnesium, kalsium, belerang dan kalium.

Kulit jeruk bisa dicampurkan ke dalam seduhan teh. Hal itu bisa membuat beberapa penyakit hilang. Dilansir dari Genpi.co, berikut beberapa manfaat dari kulit jeruk.

1. Mengatasi tanda-tanda penuaan

Kulit jeruk kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan mengatasi keriput. Kulit jeruk juga bermanfaat sebagai toner wajah yang sangat bagus. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, madu dan oatmeal secukupnya. Aduk hingga rata lalu oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Menyembuhkan infeksi, flu, dan demam

Kulit jeruk merupakan sumber terbaik yang mengandung vitamin C dan A. Keduanya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh.

3. Anti-kolesterol

Hampir semua senyawa anti-kolesterol dalam jeruk ditemukan di bagian kulit. Senyawa ini membantu memerangi LDL atau kolesterol buruk dalam tubuh, yang membentuk bekuan plak yang berpuncak pada pembuluh darah ke jantung yang tersumbat. Oleh karena itu, diet kulit jeruk bisa menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

4. Memperbaiki kondisi pernapasan

Perasan jeruk penuh dengan vitamin C merupakan pendorong peningkatan kekebalan sistem imunitas tubuh. Antioksidan dalam jeruk khususnya vitamin C bisa membantu mencegah berbagai masalah pernapasan, seperti gejala penyakit bronkitis, pilek, flu, gejala penyakit asma dan paru-paru.

5. Memutihkan gigi

Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang bisa membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi Anda akan kembali memutih.

6. Mencegah kanker

Percaya atau tidak, kulit jeruk memiliki berbagai efek yang bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Flavonoid dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar bisa bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan