Atasi Pilek dengan Ramuan Alami Ini

JAKARTA – Pilek merupakan salah satu penyakit pernapasan ringan, meski ringan hal tersebut dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Selain meminum obat, ada beberapa ramuan alami bisa mengatasi pilek. Seperti dikutip dari laman Healthline berikut ramuan alami yang bisa mengatasi pilek.

1. Sup ayam

Penelitian menunjukkan menikmati semangkuk sup ayam dengan sayuran, disiapkan dari awal atau dihangatkan dari kaleng bisa memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh Anda. Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang umum. Mereka membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Ketika bergerak perlahan, mereka tetap lebih terkonsentrasi di area tubuh Anda yang membutuhkan penyembuhan paling banyak. Studi tersebut menemukan, sup ayam efektif untuk mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas pada khususnya. Sup rendah sodium juga membawa nilai gizi yang besar dan membantu Anda tetap terhidrasi.

2. Jahe

Beberapa iris jahe mentah dalam air mendidih bisa membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan ramuan alami ini juga bisa menangkal perasaan mual yang begitu sering menyertai influenza.

3. Madu

Madu memiliki berbagai sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dalam teh dengan lemon bisa meredakan sakit tenggorokan.

Penelitian menunjukkan madu juga merupakan penekan batuk yang efektif. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan memberi anak 10 gram madu sebelum tidur mengurangi keparahan gejala batuk mereka. Anak-anak dilaporkan tidur lebih nyenyak, yang juga membantu mengurangi gejala pilek.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Menambahkan suplemen bawang putih ke dalam makanan Anda bisa mengurangi keparahan gejala pilek.

Menurut beberapa penelitian, bawang putih bahkan mungkin membantu Anda menghindari sakit sejak awal. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan tentang potensi manfaat bawang putih untuk melawan flu. Sementara itu, menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan Anda mungkin tidak ada salahnya.

5. Echinacea

Penduduk asli Amerika telah menggunakan ramuan dan akar tanaman echinacea untuk mengobati infeksi selama lebih dari 400 tahun. Bahan aktifnya termasuk flavonoid, bahan kimia yang memiliki banyak efek terapeutik pada tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan