Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dalam Diri Sendiri

JABAREKSPRES.COM – Memiliki pikiran negatif pasti pernah dialami semua orang, entah saat memikirkan diri sendiri atau memikirkan orang lain.

Karena dalam pikiran seseorang selalu ada dua sisi yakni negatif dan positif, tinggal mana yang paling dominan yang sering muncul.

Yang menjadi permasalahan adalah, apabila yang  negatif yang sering muncul, maka akan mempengaruhi dalam kesehariannya.

Pikiran negatif adalah semua pikiran buruk tentang diri sendiri yang membuat khawatir akan sesuatu yang belum terjadi.

Akibatnya kamu menjadi tidak percaya diri, menganggap diri kamu tidak pantas bahkan menganggap hidup kamu kamu tidak ada gunanya.

Hal ini disebabkan oleh banyak hal, seperti menganalisis berlebihan, rasa marah, dan berpikir secara berlebihan.

Jadi, agar tidak dikuasai oleh pikiran-pikiran yang buruk yang bisa datang sewaktu-waktu, kamu bisa menghilangkannya dengan cara berikut ini.

1. Mengenali Pikiran Negatif yang Muncul

Untuk mulai menghilangkannya, kamu harus bisa mengenali dan mengidentifikasi pikiran yang biasa muncul di pikiran. Saat kamu sudah mulai mengenalinya, kamu akan lebih mudah untuk menyingkirkannya.

2. Menghabiskan Waktu di Luar

Berdiam diri bisa membuat pikiran menjadi stres sehingga kamu lebih banyak melamun. Cobalah untuk keluar rumah untuk mencari udara segar atau melakukan aktivitas. Sejenak menjauhkan diri dari kekacauan juga perlu untuk memenangkan pikiran kamu.

3. Mencari Kesibukan

Jangan  biarkan diri kamu dikuasai oleh pikiran buruk, jadi cobalah untuk mengalihkan pikiran kamu dengan menyibukkan diri, misalnya dengan melakukan hobi, mengerjakan pekerjaan rumah, berkebun dan sebagainya.

4. Catat Pikiran Negatif yang Kamu Rasakan

Kamu juga perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan pikiranmu selalu mengarah ke yang tidak baik yang ada di dalam diri kamu, kemudian catat satu per satu. Dengan begitu, kamu bisa memulai langkah penenangan dengan memfokuskan pada satu hal terlebih dahulu.

5. Berbicara dengan Orang Lain

Pikiran buruk terhadap dirimu sendiri terkadang disebabkan karena kamu terlalu banyak sendiri. Kamu bisa mencari orang lain untuk diajak bertukar pikiran atau membicarakan hal-hal sederhana. Dengan tertawa sejenak bersama orang lain akan membuat pikiran kamu menjadi lebih tenang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan