ASN Yang STAF

Melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau pejabat yang berwenang sejauh tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika pemerintahan.

Fathonah

Sifat Nabi Muhammad SAW yang keempat ialah fathonah yang artinya cerdas. Melalui sifat fathonah ini Nabi Muhammad SAW memaksimalkan kemampuan intelektualnya untuk melakukan dakwah dan berbisnis.

Sifat fathonah atau kecerdasan ini juga mutlak dikuasasi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dan tujuan pemerintahan berkelas dunia pada tahun 2024.

Makanya diperlukan ASN yang memiliki kecerdasan sesuai dengan bidang tugasnya. Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual harus terpadu dan terpatri.

Apabila sifat STAF (Shiddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah) ini diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya akan melahirkan sosok yang profesional, kompeten, efisien, dan efektif. Semoga #

Penulis adalah Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, serta Dosen Luar Biasa Universitas Al-Ghifari Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan