Milangkala Sukma Sajati di Sumedang, Politisi PDIP Beri Dana Rp30 Juta Dukung Kesenian Sunda

SUMEDANG – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait berikan bantuan dana pendidikan senilai Rp 30 juta rupiah.

Besaran dana tersebut diberikan Maruarar untuk membantu anak-anak yang berkecimpung di dunia kesenian Sunda.

“Itu dana pendidikan, untuk para seniman muda, banyak yang masih sekolah SD, SMP dan SMA, kuliah juga,” kata Maruarar di Jatinangor, Sumedang, Rabu (26/1).

“Saya senang jikalau bisa membantu, silaturahmi kami sudah sangat mendalam, kita gotong royong sebagai insan pancasila,” sambung politisi PDIP tersebut.

Pria yang akrab disapa Ara itu diketahui memiliki perhatian besar terhadap kesenian dan kebudayaan Sunda.

Karenanya, Ara diketahui kerap hadir dalam acara-acara kesenian dan selama 15 tahun, dia menjadi perwakilan masyarakat Kabupaten Sumedang, Majalengka serta Subang di DPR RI.

Pada kesempatannya, Ara menghadiri langsung Pagelaran Seni Sunda yang digelar oleh paguyuban dari Yayasan Sukma Sajati di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Dalam kedatangannya, Ara menyampaikan, konsistensi seniman yang ada di Sumedang perlu diapresiasi.

“Kita senang ekonomi bergerak, budaya tetap jalan, kita tetap semangat di tengah situasi sulit,” ucap Ara.

Menurut Ara, apresiasi terhadap para pelaku kesenian dapat dilakukan dengan promosi yang masif, sehingga bisa berdampak pada banyaknya undangan paguyuban seni untuk tampil di berbagai acara.

“Sehingga, grup-grup kesenian semakin sering mendapatkan undangan manggung. Dengan begitu pula para pelaku seni itu bisa memberi makan keluarga mereka,” pungkas Ara.

Mengingat pandemi Covid-19 saat ini secara bertahap melandai, maka undangan-undangan manggung grup kesenian berpotensi lebih besar untuk tampil.

“Memungkinkan orang atau institusi pemerintah mengadakan acara yang mengundang seniman maggung. Doakan ekonomi baik, Covid-19 melandai,” imbuh Ara.

“Kita hargai dan bangga pemerintah, Pak Presiden Jokowi, Satgas juga, bisa mengelola situasi Covid-19 dengan baik,” tambahnya.

Ara memaparkan, dirinya sudah memiliki ikatan silaturahmi yang kuat dengan para seniman di Sumedang. Bahkan konsistensi Sukma Sajati dalam 15 tahun ini terpantau terus olehnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sukma Sajati, Rusanto Joko Prakoso mengucapkan, kedatangan Politisi PDIP Ara ke acara paguyuban merupakan betul-betul untuk mengapresiasi para seniman Sunda.

Tinggalkan Balasan