Cara Ciptakan Semangat Belajar Anak yang Nyaman

Editor:

JAKARTA – Keberhasilan anak tidak terlepas dari dukungan orang tua yang senantiasa membimbing dan mendampingi selama proses belajar. Untuk itu, orang tua mengemban peranan penting untuk mendampingi dan memotivasi anak, agar semangat belajar anak dapat terus tumbuh dan proses pembelajaran berjalan semakin efektif.

Berikut ini tips cerdas untuk tingkatkan semangat belajar anak dengan membangun rutinitas sehat, dikutip dari siaran resmi Sekolahmu.

Tentukan agenda belajar yang tepat

Langkah pertama untuk membangun kebiasaan belajar yang konsisten adalah dengan menentukan waktu belajar yang tepat. Rencanakan agenda keseharian anak dengan porsi yang sesuai dengan kemampuan anak dan orang tua. Sebelum menentukan agenda belajar, carilah waktu yang tepat bagi si kecil agar proses belajar bisa berjalan semakin efektif.

Tidak perlu terlalu lama, belajar efektif bisa dilakukan dalam waktu 1-2 jam per hari yang mencakup pengulangan materi, mengerjakan PR, atau membaca materi yang akan dibahas keesokan harinya di sekolah.

Berikan metode pembelajaran yang mengasyikkan

Tidak semua anak menikmati metode pembelajaran yang sama. Maka dari itu, orang tua perlu tahu metode belajar mana yang paling sesuai dengan si kecil agar kegiatan belajar di rumah semakin menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *