Vaksin Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun di Rancakalong Sumedang Injak Angka 66 Persen

SUMEDANG – Pemerintahan Indonesia terus memaksimalkan terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity, salah satunya dengan Vaksin anak usia 6 sampai 11 tahun .

Hal itu dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang masih ganas berkeliaran.

Karenanya, tak hanya vaksinasi bagi warga negara berusia lanjut atau orang dewasa, para remaja hingga anak-anak pun terus digeber supaya dapat meningkatkan imun tubuh melalui vaksin.

Vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun saat ini terus dilakukan di beberapa daerah termasuk wilayah Kabupaten Sumedang.

Guna memaksimalkan herd immunity dan mempercepat vaksinasi bagi anak, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang turut menggenjot program vaksin pemerintah.

Terkait hal itu, Kepala Puskesmas Rancakalong, Yayat Nurhidayat menyampaikan, program vaksinasi anak tengah dimaksimalkan.

“Untuk hari ini ada tiga titik pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun,” kata Yayat di Rancakalong, Selasa (18/1).

Yayat berujar, proses pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di tiga titik tersebut berlokasi di SDN Sukawangi, Sukahuyu dan Puskesmas Rancakalong.

“Usia 6 sampai 11 (tahun) sekitar 450 dosis dan hari ini dijadwalkan di tiga titik. SDN Sukawangi, Sukahuyu dan Puskesmas Rancakalong,” pungkas Yayat.

Dalam pemaparannya, Yayat menuturkan, keseluruhan target vaksin bagi anak usia 6 sampai 11 tahun di Rancakalong berjumlah 3.935 dosis.

“Jumlah keseluruhan usia 6 sampai 11 tahun semuanya 3.935 sasaran dan itu baru v1 (vaksin pertama),” imbuh Yayat.

Sementara itu, Yayat mengucapkan, sampai saat ini untuk vaksin anak usia 6 sampai 11 tahun di Rancakalong baru menginjak 66 persen.

Kendati demikian, Yayat mengaku, untuk capaian vaksin anak usia 6 sampai 11 tahun di Rancakalong masih diupayakan supaya mencapai target.

“Yang sudah mendapatkan vaksin 66 persen atau sekitar 2.605. Capaian itu pertanggal 15 Januari 2022,” ujar Yayat.

“Target habis bulan ini sasaran vaksin 1 usia 6 sampai 11 dipastikan selesai bulan ini,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan