oleh

BPBD Kabupaten Sumedang Siap Siaga 24 Jam, Hubungi Nomor Ini Jika Darurat

BANDUNG – Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Adang mengatakan selama 24 jam BPBD Siap membantu masyarakat.

“BPBD Kabupaten Sumedang selama 24 jam penuh siap, dengan langsung menghubungi 08112065733. Kita sangat siap (membantu masyarakat),” ujar Adang kepada Jabar Ekspres melalui panggilan telepon, Senin (17/1).

Adang menyebut dalam menghadapi puncak musim hujan, masyarakat diharapkan lebih meningkatkan kewaspadaan terutama bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Kepada masyarakat yang tinggal terutama di daerah-daerah yang rawan bencana. Ketika hujan dengan intensitas tinggi secara terus menerus lebih baik mengungsi saja dulu,” ucap Adang.

“Apalagi pada Januari puncaknya musim hujan. Kalau rumah dekat pohon berpotensi tumbang, mengungsi dulu,” kata Adang.

Menurut Adang, setiap wilayah di Kabupaten Sumedang mulai dari tingkat kecamatan hingga desa mempunyai ancaman bencana yang berbeda-beda.

Karenanya, Adang mengimbau bagi masyarakat yang berada di daerah rawan bencana baik longsor atau banjir, maka bisa menghubungi pihak BPBD kapan pun jika musibah mengancam.

Selain itu, Adang menuturkan mengingat saat ini pembangunan infrastruktur tengah gencar dilakukan di wilayah Kabupaten Sumedang, maka perlu dibarengi dengan adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Pembangunan itu idealnya harus dibarengi dengan mitigasi bencana. Pemanfaatan-pemanfaatan ruang yang dimanfaatkan masyarakat saya mohon tidak lepas dengan antisipasi daripada memperhatikan mitigasi bencana,” pungkas Adang. (mg5/ran)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga