Ingin Berhenti Merokok? Makanan dan Minuman Ini Bisa Bantu

JAKARTA – Sering merokok dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti mengalami penyakit paru-paru dan serangan jantung. Rokok bisa membuat kecanduan, maka dari itu, ada beberapa orang yang ingin sekali berhenti merokok.

Berhenti merokok bukan suatu hal yang mudah. Namun, ada beberapa makanan dan minuman sebenarnya bisa membantu berhenti merokok secara perlahan.

Seperti dikutip laman Truthinitiative, berikut ini makanan dan miniman yang bisa membuat berhenti merokok

  1. Buah dan sayuran

Rokok menghalangi penyerapan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin C dan D. Misalnya, merokok satu batang saja menguras 25 mg vitamin C dari tubuh.

Memasukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan akan mengembalikan nutrisi ini, dan seperti beberapa penelitian menunjukkan, bisa membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Begitu Anda mulai berhenti merokok, makanan mulai terasa lebih enak dan rasanya lebih terasa, jadi kamu juga bisa lebih menikmati makanan ini.

  1. Teh ginseng

Beberapa penelitian menunjukkan ginseng bisa menjadi terapi untuk kecanduan nikotin karena bisa melemahkan efek dopamin, neurotransmitter di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan dilepaskan saat merokok tembakau.

Minum teh ginseng bisa mengurangi daya tarik merokok dan membuatnya kurang nikmat.

  1. Susu dan produk susu

Perokok telah melaporkan minum susu membuat rokok terasa lebih buruk dan kebanyakan perokok mengatakan rokok mereka memberikan rasa pahit.

Saat menghadapi keinginan untuk merokok, mengonsumsi susu dan produk susu lainnya bisa membuat rokok terasa tidak enak.

  1. Permen karet dan permen bebas gula

Mengunyah permen karet dan permen mint bisa membuat mulut sibuk ketika kamu memiliki keinginan untuk merokok.

Permen karet dan mint bertahan lama, biasanya lebih lama daripada merokok. Mengetahui apa yang harus dihindari saat mencoba berhenti merokok juga akan membantu.

Makanan dan minuman yang telah terbukti meningkatkan rasa rokok dan memicu keinginan untuk merokok termasuk alkohol, kafein, daging dan makanan manis atau pedas.

Makan dan minum dengan benar bisa membuat perjuangan untuk berhenti sedikit lebih mudah. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan