Warna Seragam Satpam Akan Diganti Lagi, Kali Ini Warna Apa?

JAKARTA – Warna seragam harian Satuan Pengamanan (Satpam) yang sebelumnya berwarna cokelat muda akan diganti. Sebelumnya seragam Satpam sudah pernah diganti pada Oktober 2021 dari warga biru menjadi warna cokelat muda.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana akan mengubah warna seragam satpam menjadi warna krem.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan perubahan warna seragam tersebut untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat.

“Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (12/1) yang dikutip dari Antara.

Ramadhan menyebut seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam.

Sementara itu, Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Menurutnya, warna baru tersebut akan dikenalkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam yang diperingati pada tanggal 30 Desember.

“Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna yang baru,” katanya.

Namun, lanjut Ramadhan, penggunaan warna baru seragam akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dengan waktu selama satu tahun.

“Akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya,” pungkasnya. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan