Jeruk Mandarin Ampuh Atasi Beberapa Penyakit Kronis

JAKARTA – Jeruk mandarin merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki ukuran kecil. Pohon jeruk ini bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Pohon jeruk mandarin memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandungkan pohon jeruk lainnya. Biasanya buah jeruk ini diolah dalam bentuk jeruk hangat atau jus jeruk.

Berdasarkan kandungan yang dimilikinya, jeruk mandarin atau jeruk keprok ini bisa menjadi sumber alami berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh.

Seperti dilansir dari laman Genpi.co, berikut manfaat dari jeruk keprok:

1. Mengurangi risiko batu ginjal

Salah satu penyebab batu ginjal adalah rendahnya kadar sitrat dalam urine. Buah sitrus seperti jeruk keprok memiliki manfaat sebagai sumber asam sitrat alami, yang mana bisa mencegah risiko batu ginjal dan kekambuhan pada penderitanya.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Jeruk keprok adalah camilan yang sehat dan aman untuk Anda konsumsi sehari-hari karena nol kandungan kolesterol. Bukan hanya itu saja, serat tinggi pada jeruk mandarin juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sejumlah studi mengatakan, konsumsi buah-buahan tinggi serat bisa menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah peradangan dan membuat kondisi tubuh jauh lebih sehat. Selain tinggi kandungan serat, manfaat jeruk keprok juga terdapat pada kandungan kalium atau potassium. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan