Ridwan Kamil: Tol Cisumdawu Rampung Juni 2022

SUMEDANG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, dari laporan yang diterimanya Tol Cisumdawu akan selesai dan siap digunakan pada bulan Juni 2022.

Hal tersebut diungkapkan saat mendatangi proyek pengerjaan Tol tersebut di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Kedatangan pria yang akrab disapa Kang Emil itu bertujuan memantau berapa persen tahapan proyek pengerjaan Tol Cisumdawu sampai saat ini.

Kang Emil mengatakan, untuk keseluruhan tahapan proyek pengerjaannya sudah hampir rampung, sebab secara presentase sudah mencapai lebih dari 90 persen.

“Bahkan akhir Januari ada sebagian yang dibuka untuk umum, seksi satu,” kata Emil kepada wartawan di Kantor Proyek Satker Tol Cisumdawu, Senin (10/1).

Emil juga menerangkan, pada pengerjaan proyek Tol ini yang masih berjalan, namun mengalami sedikit kendala.

“Ada bencana sedikit, longsoran-longsoran yang harus diteliti ulang, sebisa-bisanya segera ditangani,” pungkasnya.

Dalam pemaparannya, Ridwan Kamil juga menuturkan, selain proyeknya yang hampir selesai, persoalan pembebasan lahan harus menjadi perhatian dalam penyelesaiannya.

“Pembebasan lahan harus dilakukan, tapi sifatnya perluasan wilayah saja,” ujar Emil.

Sementara itu, Emil mengatakan, penyelesaian proyek Tol Cisumdawu, dari laporan yang diterimanya dapat selesai dan digunakan pada Juni 2022 mendatang.

“Kontraktor dan lainnya merasa bisa menyelesaikan dengan sempurnanya itu di bulan Juni 2022,” ucap Emil.

Emil berharap, dengan adanya Tol Cosumdawu dapat memberikan manfaat serta kenyamanan bagi masyarakat.

“Kita berharap yang penting keamanan terjamin, sehingga tahun ini (Tol Cisumdawu) bisa tembus sampai ke Kertajati,” katanya.

Menurut Emil, dengan selesainya proyek pengerjaan Tol Cisumdawu, maka diharapkan dapat meningkatkan akrivitas Bandara Kertajati.

“Kalau jalan Tol ini bisa ditembus sampai Kertajati, harusnya tidak ada alasan lagi Kertajati sepi,” pungkasnya.

“Karena jarak tembus dari Bandung ke sana (Kertajati) bisa 40 menitan, ketimpang 2-3 jam seperti sebelumnya,” tambah Emil.

Emil pun memaparkan, proyek pengerjaan Tol ini merupakan sebuah capaian dalam kemajuan pembangunan infrastruktur di wilayah Jawa Barat.

“Ini merupakan sebuah kemajuan, kami ucapkan terima kasih ke bapak Jokowi, pak Menteri yang mendorong percepatan-percepatan ini,” tutup Emil. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan