Hati-hati! Hal ini Dapat Menyebabkan Kadar Kolesterol Naik

JAKARTA – Kadar kolesterol yang meningkat tajam bisa dipengaruhi oleh faktor luar, termasuk pola makan dan faktor gaya hidup tertentu.

Tubuh sebetulnya membutuhkan kolesterol untuk melakukan banyak fungsi biologis, seperti membuat hormon (seperti estrogen atau testosteron) dan menyediakan struktur untuk sel.

Terdapat dua jenis kolestrol, ada kolesterol baik dan ada kolesterol jahat. Anda harus selalu menjaga kadar kolesterol tetap stabil, karena jika meningkat tajam, bisa berbahaya untuk tubuh.

Berikut ini penjelasan penyebab kadar kolestrol meningkat seperti dikutip laman Verywellhealth.

1. Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat

Diet yang tinggi lemak jenuh, lemak trans atau gula halus bisa memengaruhi kadar kolesterol Anda dengan menyebabkan kadar LDL (buruk) meningkat dan kadar HDL (baik atau sehat) menurun.

The American Heart Association merekomendasikan hanya sekitar 5 sampai 6 persen dari kalori harian Anda harus berasal dari lemak jenuh. Gula halus dan lemak trans yang dimasukkan ke dalam berbagai makanan, termasuk kue kering, kue kering, dan keripik harus dibatasi atau dihindari sama sekali.

2. Anda Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis juga bisa memengaruhi kadar LDL, HDL, dan kolesterol total Anda, terutama jika kamu tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Kondisi ini termasuk diabetes, pradiabetes, resistensi insulin, atau sindrom metabolik, obesitas, hipotiroidisme, dan penyakit ginjal.

3. Obat Anda Meningkatkan Kolesterol

Ini termasuk obatan seperti diuretik thiazide, yang digunakan untuk menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, pil KB, antidepresan, dan obat-obatan HIV tertentu. Penyedia layanan kesehatan akan memantau profil lipid Anda jika kamu minum obat yang bisa memengaruhi kadar kolesterol kamu.

4. Anda Mengembangkan Beberapa Kebiasaan Buruk

Ada hal-hal lain yang mungkin Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa menyebabkan kadar kolesterol kamu menjadi terlalu tinggi. Faktor gaya hidup tertentu yang bisa menyabotase kolesterol Anda termasuk tinggal atau bekerja di lingkungan stres tinggi, tidak cukup berolahraga, merokok, tidak cukup tidur. Kebiasaan gaya hidup ini bisa menyebabkan kadar LDL Anda meningkat sampai tingkat tertentu, dan dalam beberapa kasus juga menurunkan kolesterol HDL.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan