Hati-Hati! Makanan Ini Jika Sering Dipanaskan Akan Timbulkan Racun

JAKARTA – Tidak semua jenis makanan bisa Anda hangatkan kembali. Khususnya makanan yang mengandung protein tinggi.

Karena zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut bisa rusak saat dipanaskan secara berulang-ulang. Tidak hanya merusak zat gizi, bahkan pemanasan berulang bisa mengubah zat gizi menjadi zat karsinogen yang memicu sel kanker.

Berikut ini penjelasan makanan yang tidak boleh dipanaskan terlalu sering, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Sayuran

Sayuran hijau yang dipanaskan berulang akan mengoksidasi kandungan zat besi sehingga menghasilkan radikal bebas yang menjadi sumber penyakit.

Selain itu beberapa jenis sayuran seperti kangkung, bayam, wortel, dan seledri memiliki kandungan nitrat tinggi, jika dipanaskan berulang nitrat akan berubah menjadi karsinogenik.

2. Nasi

Nasi yang dihangatkan lebih dari satu kali akan menjadi racun. Selain itu, menyimpan nasi terlalu lama juga mendorong pertumbuhan bakteri bacillus cereus. Setelah nasi dipanaskan kembali, spora yang terkandung di dalam bakteri akan berkembang biak dan menimbulkan keracunan makanan jika dikonsumsi.

3. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein tinggi yang lezat, murah dan mudah ditemui. Namun, zat gizi dalam telur akan menghilang jika dipanaskan berulang kali.

Protein tinggi dalam telur mengandung unsur nitrogen, jika mengalami pemanasan berulang akan mengeluarkan zat karsinogenik yang menyebabkan kanker.

4. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan pokok yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Kentang mengandung karbohidrat dan mudah diolah menjadi panganan. Namun tidak untuk dipanaskan berulang kali, karena jika dipanaskan berulang kali, kentang akan menghasilkan clostridium botulinum yang menyebabkan keracunan.(genpi/jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan