Penyanyi Era 80-an, Obbie Massakh Beri Pesan Bagi Para Pemuda Dalam Berkarya

SUMEDANG – Obbie Massakh, penyanyi yang namanya masih melekat di masyarakat Indonesia mengaku masih aktif dalam bermusik.

Sempat populer di era 80-an, Obbie Massakh pria kelahiran Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur itu menghasilkan banyak karya musik yang sampai saat ini selalu dinyanyikan oleh masyarakat.

Banyak karya Obbie Massakh yang melekat, seperti Melodi Memori, Antara Cinta dan Dusta hingga Kisah Kasih di Sekolah. Tak hanya kalangan orang tua angkatan 80-an yang menyukasi lagu tersebut, anak milenial zaman sekarang pun tidak sedikit yang tahu lirik lagu karya Obbie.

“Saya masih sering dapat undangan untuk tampil di acara, masih suka manggung juga dan saya sekarang masih membuat lagu,” kata Obbie kepada Jabar Ekspres di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Sumedang.

Berbicara musik, menurut Obbie, semua orang mempunyai hak untuk berkarya. Tak perlu melihat genre apa yang dimainkan, selama menikmati dan menghargai karya dalam hal ini musik, maka perlu diberi apresiasi.

“Positif itu, semua boleh berkarya. Mau punya warna atau genre apapun bebas, asalkan jangan terbawa arus ramainya saja,” ujar Obbie.

Dia berujar, pada era digital saat ini, untuk menampilkan karya termasuk dalam bidang musik menjadi suatu kemudahan, sebab tak seperti zaman Obbie pada tahun 80-an, tidak semua orang bisa mempublikasikan hasil karyanya.

“Sekarang gak usah ada lebel, dengan memanfaatkan media sosial YouTube sudah bisa menampilkan hasil karya,” imbuh Obbie.

“Harus cerdas, karena zaman sudah berubah, harus bisa menyesuaikan. Tapi jangan sampai terbawa arus, harus punya warna sendiri dalam bermusik,” tambahnya.

Obbie menerangkan, salah satu dirinya masih eksis sebagai penyanyi dari era 80-an sampai sekarang, karena dirinya konsisten dalam bermusik dan tetap memegang genre dan gaya lagunya dalam bernyanyi.

Obbie menuturkan, konsistensi dalam berkarya termasuk bernyanyi, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan siap menerima serta menyesuaikan dengan perubahan zaman.

“Mau kamu maaf, dalam tanda petik, memiliki kekurangan fisik tapi minat dan merasa senang bermusik atau menyanyi, maka lakukanlah. Manfaatkan itu akun media sosial YouTube, jangan terpengaruh ramainya saja, tapi harus punya warna sendiri,” ucap Obbie.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan