Bupati dan Wali Kota Cirebon Berebut Wilayah

Sementara itu, dilansir dari laman Jabar.prov.id. dari segi geografi, Kabupaten Cirebon terletak dibagian timur dan merupakan batas. Sekaligus sebagai pintu gerbang Propinsi Jawa Tengah. Dalam sektor pertanian Kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah produsen beras yang terletak dijalur pantura.

Kabupaten Cirebon berada pada posisi 108o40’ – 108o48’ Bujur Timur dan 6o30’ – 7o00’ Lintang Selatan, yang dibatasi sebelah utara berbatasan dengan wilayah Kabupaten Indramayu. Sebelah barat Laut berbatasan dengan wilayah Kabupaten Majalengka. Sebelah Selatan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kuningan. Sebelah Timur berbatasan dengan wilayah Kotamadya Cirebon dan Kabupaten Brebes (Jawa Tengah).

Sementara Kota Cirebon, terletak pada 108º33 Bujur Timur dan 6º41 Lintang Selatan pada pantai Utara Pulau Jawa, bagian timur Jawa Barat, memanjang dari barat ke timur ±11 Km dengan ketinggian dari permukaan laut ±5 M (termasuk dataran rendah).

Kota Cirebon terletak pada lokasi yang strategis dan menjadi simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.  Letaknya yang berada di wilayah pantai menjadikan Kota Cirebon memiliki wilayah dataran yang lebih luas dibandingkan dengan wilayah perbukitannya.

Luasnya pun  3.735,82 hektar atau ±37 km2 dengan dominasi penggunaan lahan untuk perumahan (32%) dan tanah pertanian (38%). (rc/win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan