Pasien Omicron yang Bebas dari Karantina Sedang Diawasi

JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan terdapat satu pasien Omicron yang baru datang dari Inggris. Pasien Omicron tersebut lolos dari karantina di Wisma Atlet.

“Ada satu perempuan datang dari Inggris. Saat dites hasilnya positif. Dia minta tes pembanding dan hasilnya negatif. Karena itu, dia minta keluar berdasarkan tes yang negatif,” ujarnya di Jakarta, Senin (27/12).

Pasien Omicron tersebut diberi izin isolasi mandiri oleh Dinkes DKI karena dari hasil negatif tersebut. Namun, setelah isolasi lima hari, pasien tersebut positif terpapar varian Omicron.

“Lima hari kemudian diketahui, hasil tes positifnya Omicron. Jadi kita kejar lagi yang bersangkutan. Kita tes lagi semua. Alhamdulillah sudah negatif,” imbuh Budi.

Sementara itu, juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menyebut orang yang terinfeksi itu dalam pengawasan.

“Orang tersebut sudah dalam pengawasan. Kami juga tengah melakukan perbaikan, agar hal tersebut tidak terulang kembali,” katamya di Jakarta, Senin (27/12).

Seperti diketahui sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap ada satu pasien Corona varian Omicron yang lolos dari karantina di Wisma Atlet. Dia menyebut orang tersebut lolos dari karantina bersama keluarganya. Dia meminta peristiwa ini tak terjadi lagi. Karena itu, pemberian dispensasi karantina dilakukan lebih ketat.

Satu orang terinfeksi varian Omicron yang lolos dari fasilitas karantina di Wisma Atlet Jakarta, diawasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pemerintah melakukan evaluasi untuk memperbaiki pengelolaan pelayanan karantina. Tujuannya agar tidak ada lagi warga yang lolos. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan