Tips Mencegah Rumah  Jadi Sarang Bakteri dan Virus

JAKARTA – Rumah merupakan tempat ternyaman untuk beristisrahat, namun benarkah rumah kita sudah benar-benar aman dari penyakit? Bisa jadi ada tempat dirumah kita sebenarnya menajdi sarang dan menyimpan lebih banyak bakteri dan virus.

Bakteri yang paling umum ditemui di rumah adalah Salmonella, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli. Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari diare, infeksi saluran kemih, hingga infeksi kulit. Bisa jadi virus corona juga bersembunyi di rumah kita.

Penyebaran dan perkembangan bakteri dan virus bergantung pada banyak faktor, misalnya tingkat kelembapan ruangan, kebiasaan penghuni rumah, dan seberapa sering ruangan tersebut dibersihkan. Oleh karena itu, kebersihan rumah sangat penting untuk kamu jaga.

Ruangan dan Benda di Rumah yang Banyak Menyimpan Bakteri dan Virus

Berikut ini adalah ruangan dan benda-benda yang perlu lebih diperhatikan agar tidak menjadi sarang bakteri dan virus:

1. Dapur
Tempatmu mengolah makanan setiap hari ini sebenarnya termasuk tempat yang paling banyak menyimpan bakteri. Penelitian membuktikan bahwa spons yang setiap hari kamu gunakan untuk mencuci piring dan peralatan dapur mengandung lebih banyak Salmonella dan E. coli dibandingkan gagang penyiram toilet.

2. Kamar mandi
Kamar mandi bisa menjadi tempat yang dipenuhi bakteri bila kebersihannya tak dijaga dengan baik. Kondisi kamar mandi yang lembap memberi sarana bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak, terutama di area bak mandi, lantai, keran air, handuk, dan lubang pembuangan air.

3. Ruang mencuci
Cucian basah yang ditinggalkan di dalam mesin cuci dapat membuat mesin cuci menjadi sarang berkembangnya bakteri. Kondisi ruang mencuci yang tertutup juga tentunya akan lebih lembap sehingga lebih mudah ditumbuhi bakteri dan jamur.

4. Ruang keluarga dan kamar
Karpet di dalam ruangan dapat menyimpan debu dan kotoran hingga 8 kali beratnya. Benda-benda yang digunakan secara bergantian, seperti keyboard komputer dan remote TV, juga dapat menyimpan banyak bakteri dan virus, terlebih jika penggunanya tidak mencuci tangan setelah buang air besar atau bersin.

Di kamarmu, perlengkapan rias wajah, seperti sikat bulu mata, spons, dan kuas pemulas bedak, dapat menyimpan banyak bakteri dan virus, terutama jika kamu juga membawanya keluar rumah. Bakteri-bakteri pada benda ini bisa menjadi salah satu penyebab infeksi pada kulit wajah dan mata.

Tinggalkan Balasan