Tim PKM Unjani Gandeng Forum UMKM Imamah, Terapkan Sistem Pendinginan untuk Produksi Perbengkelan

Tim PKM Unjani Terapkan Sistem Pendingin untuk Forum UMKM Imamah

BANDUNG BARAT — Tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) melaksankan kegiatan dengan menerapkan sistem pendinginan yang efektif dan ramah lingkungan.

Dengan bekerjasama dengan Forum UMKM Imamah, Kegiatan ini merupakan penguatan aspek teknis produksi di UMKM bengkel pemesinnan yang ada di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan yang menerapkan sistem pendinginan yang efektif dan ramah lingkungan, sebagai upaya penguatan aspek teknis produksi di UMKM bengkel pemesinan.

Program kegiatan PKM tersebut dikemas mengambil judul ”Penguatan Aspek Teknis Dalam Produksi Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan/Effisiensi dan Produktivitas UMKM Makanan dan Bengkel Pemesinan di Kecamatan Cipatat – Kabupaten Bandung Barat”.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut atas dukungan pendanaan dari Ditjen Dikti Ristek – Kemdikbudristek melalui Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2021.

Sementara Forum UMKM Imamah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat dibentuk pada 19 Oktober 2020 atas mandat dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskopukm)

Kabupaten Bandung Barat. Dimana kepengurusannya ditetapkan melalui Surat Keputusan Camat Cipatat No. 445.8/Kep.40-PMD/2021 pada tanggal 2 November 2021.

Melalui Forum ini berbagai UMKM dengan beragam jenis usaha yang berada di wilayah tersebut terwadahi untuk dapat lebih diberdayakan.

Baik melalui swadaya ataupun bantuan pemerintah, swasta maupun masyarakat umum termasuk Perguruan Tinggi.

Diantara banyak bidang pelayanan yang ada di forum tersebut, dua diantaranya dijadikan mitra sasaran, yaitu bidang makanan/kuliner dan bidang jasa (termasuk perbengkelan) yang salah satu anggotanya adalah Bengkel Bubut Barokah.

Sejauh ini, yang menjadi masalah UMKM adalah keterbatasan pengetahuan dan permodalan yang berdampak pada rendahnya pendapatan. Begitupun yang terjadi di UMKM yang bernaung dibawah Forum UMKM Imamah.

Sehingga perlu mendapatkan perhatian dan dukungan agar mereka memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Untuk itu lah Unjani melalui salah satu Tim PKM yang disupport pendanaan oleh Ditjen Dikti Ristek memberikan dukungan dalam aspek teknis produksi untuk salah satu anggota Forum UMKM tersebut.

Tinggalkan Balasan