Bahaya Mie Instan Bila Dikonsumsi Terlalu Sering

JAKARTA – Mie instan menjadi makanan favorit bagi anak-anak dan dewasa, selain karena rasanya yang enak, cara pembuatannya juga sangat praktis.

Belum lagi harganya sangat murah, membuat makanan jadi menu wajib bagi sebagian orang, terutama penghuni kos-kosan.

Mie instan sering dijadikan menu pengganjal lapar andalan ketika kita tidak punya waktu (atau uang) untuk makan.

Itulah mengapa banyak orang suka makan mie instan. Walau banyak orang tahu, makan mie instan terlalu sering tidak baik untuk kesehatan.

Nah, Di sini akan kita bahas Bahaya dari makan mie instan terlalu sering/setiap hari yang di kutip dari Artikel Alodokter dan detik health yaitu :

1. Gangguan pencernaan
Mie instan sebenarnya merupakan jenis makanan yang tidak mudah dicerna, sehingga membuat kerja sistem saluran cerna menjadi lebih berat. Bila dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

2. Berisiko Keguguran
Bahaya makan mi juga dapat membuat wanita hamil berisiko mengalami keguguran. Kandungan bumbu dengan bahan pengawet yang dimiliki mi instan dapat memengaruhi perkembangan janin.

3. Berisiko Kanker
Mi instan memiliki bahan pengawet agar bisa disimpan lebih lama sebelum mengonsumsinya. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu sel-sel kanker.

4. Tekanan Darah Tinggi
Mi instan mengandung sodium yang dapat merangsang peningkatan tekanan darah. Bagi kamu yang sudah mengalami tekanan darah tinggi akan sangat berbahaya jika sering mengonsumsi mi instan.

5. Kerusakan Jaringan Otak
Sering mengonsumsi mi instan bisa menumpuk zat-zat kimia yang berbahaya dalam tubuh. Efek yang dirasakan bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Kerusakkan jaringan otak juga bisa memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

6. Mengganggu Jadwal Menstruasi
Mi instan juga memiliki efek buruk bagi wanita jika dikonsumsi terus-menerus. Sodium yang terkandung dalam mi instan dapat mengganggu hormon yang menyebabkan jadwal bulanan wanita bisa terganggu. Hormon yang terganggu juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.

7. Memicu Kencing Manis
Bahaya mi instan juga dapat menimbulkan kencing manis. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang melimpah pada mi instan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan