Kepercayaan Publik Menurun, KPK Janji Akan Perbaiki Kinerja

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan memperbaiki kinerja nya untuk kembali memulihkan kepercayaan publik. Pernyataan ini adanya survei yang menyebut kepercayaan terhadap kembali mengalami penurunan, bahkan di bawah Polri.

“Kami mengapresiasi lembaga-lembaga survei yang secara konsisten dan kontinyu melakukan pengukuran terhadap tingkat ataupun trend kepercayaan publik terhadap institusi negara, salah satunya KPK. Ukuran tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan saran dan perbaikan terhadap fokus kerja KPK ke depannya,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (22/12).

Ali menyampaikan, agar pengukuran tersebut lebih memberikan daya dorong terhadap upaya perbaikan suatu institusi, lembaga survei juga seharusnya dapat menyampaikan secara detil poin-poin rekomendasi atau yang publik harapkan terhadap kinerja suatu institusi yang diukur.

Karena KPK menyadari bahwa persepsi publik terhadap kinerja pemberantasan korupsi merupakan suatu hal yang penting. Mengingat publik tidak hanya sebagai objek pemberantasan korupsi, namun sekaligus berperan sebagai subjek.

“Hal tersebut relevan dengan strategi pemberantasan korupsi yang diterapkan KPK melalui pendekatan pendidikan, pencegahan, dan penindakan,” ucap Ali.

Juru bicara KPK berlatar belakang Jaksa ini menyebut, pada strategi pendidikan, publik merupakan pelaku atau subjek yang bersifat proaktif untuk menginternalisasi nilai-nilai integritas dan kejujuran dalam dirinya. Sehingga akan tumbuh sebuah lingkungan yang berbudaya antikorupsi.

Dia tak memungkiri, persepsi masyarakat juga menjadi potret optimisme publik terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Oleh karenanya, pengukuran persepsi publik juga akan kami jadikan sebagai salah satu baseline untuk terus meningkatkan kinerja pemberantasan korupsi yang manfaatnya bisa betul-betul dirasakan oleh masyarakat luas,” pungkasnya. (jawapos-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan