Dihapus, Laga Ulang Putaran ke-3 dan ke-4 Piala FA, Ini Alasannya

FORMAT laga ulang putaran ke-3 dan ke-4 Piala FA resmi dihapus. Hal ini disepakati federasi sepak bola Inggris, FA, pada Selasa (21/12).

Laga ulang Piala FA yang direncanakan bakal berlangsung Januari dan Februari 2022 itu mesti ditiadakan.

Solusinya

Semisal pertandingan berakhir dengan skor imbang seusai 90 menit waktu normal, laga pun dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit dan adu penalti bila diperlukan.

Keputusan itu diambil Dewan FA pada Jumat (17/12) kemarin setelah klub-klub mengajukannya, menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang mempengaruhi banyak tim.

Krisis itu membuat banyak pertandingan liga domestik ditangguhkan karena beberapa tim tidak memiliki jumlah pemain yang cukup untuk bertanding maupun tak berkesempatan mengakses fasilitas latihan yang ditutup karena lonjakan Covid-19.

Akhir pekan kemarin di kasta tertinggi, Liga Premier Inggris, hanya empat dari 10 pertandingan yang dijadwalkan bisa berlangsung sebab kasus Covid-19 melonjak di tengah sebaran varian omicron.

Kendati demikian, laporan terbaru dari BBC menyatakan bahwa klub-klub Liga Premier sepakat untuk tetap melanjutkan kompetisi termasuk jadwal tiga pertandingan beruntun sejak periode Boxing Day pada 26 Desember hingga 3 Januari tahun depan.

Tak hanya di tataran Piala FA, perebutan raja Liga Inggris pun terganggu disebabkan lonjakan kasus Covid-19.

Yakni dengan ditangguhkannya sejumlah laga, semisal Laga Leicester City vs Tottenham Hotspur dan Manchester United vs Brighton & Hove Albion menjadi dua pertandingan Liga Inggris terkini yang diumumkan bakal ditunda karena lonjakan kasus COVID-19 di dalam skuad tim yang terlibat.

Dewan Liga Premier terlebih dulu mengumumkan penangguhan laga Leicester vs Tottenham pada Kamis (16/12), hanya beberapa jam sebelum pertandingan, yang sedianya berlangsung pada pukul 2.30 dini hari Jumat (17/12) WIB.

Lantas tak sampai satu jam berselang, laman resmi Liga Premier mengumumkan pertandingan MU vs Brighton yang sedianya berlangsung pada Sabtu (18/12) besok juga bakal ditangguhkan.

Dengan pengumuman terbaru ini, maka tercatat sudah ada lima pertandingan Liga Inggris yang diputuskan untuk ditangguhkan karena COVID-19 dalam sepekan terakhir. (ANTARA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan