Dua Pendaki Terperosok ke Jurang Sedalam 90 Meter Ketika Hendak Naik Gunung

BANDUNG – Dua orang pendaki asal Kota Bandung dan Garut terjatuh ke dalam jurang sedalam 90 meter saat hendak melakukan pendakian ke puncak Gunung Bitung Situs Madati, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Menurut Komandan Tim (Dantim) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tasikmalaya, Roni, mengatakan bahwa kedua korban melakukan pendakian ke puncak Gunung Bitung pada Minggu (19/12) sekitar pukul 22.00 WIB sebelum terjatuh ke jurang Gunung Bitung.

Dua orang korban adalah seorang laki-laki bernama Dadang Setiawan (55) asal Panyileukan, Kota Bandung dan Din Din Wahyudin (48) asal Cilawu, Kabupaten Garut.

Nahas, pada saat hendak melakukan perjalanan, Roni menambahkan bahwa kedua korban tersebut terperosok kedalam jurang dengan ketinggian tebing sekitar 70-90 Meter dari medan jalan.

Namun pada saat ditemukan, Ronny melanjutkan bahwa salah satu korban sudah berada dalam kondisi lemas.

“Pada saat ditemukan kedua korban itu kaki dan badannya tertimpa bebatuan sama kayu, tapi kedua korban dalam keadaan selamat, cuman yang satu pada saat kita evakuasi itu ditandu, karena tidak bisa jalan akibat tertimpa bebatuan dan kayu,’ ucapnya saat dihubungi Jabar ekspres, Senin (20/12).

Pada saat melakukan evakuasi, kedua korban masih melakukan komunikasi dengan petugas SAR Tasikmalaya sehingga memudahkan proses pencarian.

“Karena mereka membawa alat komunikasi dua-duanya, sehingga kita bisa terus berkoordinasi dengan rekan-rekan SAR lainnya,” ucapnya.

Untuk kedua korban, ia menuturkan bahwa Basarnas Tasikmalaya langsung membawanya ke Puskemas Gardu Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

“Kedua korban langsung dibawa ke Puskesmas Kecamatan Panawangan untuk dicek kondisinya,” pungkasnya. (mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan