Abu Janda Ingkar Janji! Tunjukan Dalil Larangan Ucapkan Selamat Natal, Malah Disebut Cocoklogi!

Penggiat media sosial, Permadi Arya atau dikenal dengan Abu Janda membuat geram nitizen. Sebab, sayembara tentang dalil larangan larangan mengucapkan selamat natal ditunjukan nitizen malah dibalasan nyinyiran oleh Abu Janda.

Sayembara dengan hadiah Rp 50 juta yang digelar lewat medsos sendiri malah dianggap sebagai memancing kerukunan umat beragama.

Salah seorang nitizen pemilik akun @farezazra memberikan enam dalil dalam kolom komentar Abu Janda. Namun, jawaban itu malah dibalas umpatan.

“@farezazra_ COCOKLOGI TOLOL,” cetus Abu Janda, yang diakhiri emoticon jari tengah.

Lewat akun @farezazra_ dalil larangan mengucapkan selamat natal dijelaskan dengan menyodorkan enam dalil, baik dari Alquran maupun Hadist.

Pertama, firman Allah ta’ala,

وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا

“Hamba-hamba Allah yang Maha belas kasih sayang, yaitu orang-orang yang tidak mau menghadiri atau menyaksikan upacara agama kaum musyrik (Az-zuur). Jika mereka melewati tempat yang sedang digunakan untuk upacara agama oleh kaum musyrik, mereka segera berlalu dengan sikap baik” (QS. Al-Furqon, 72).

Makna  (Az-zuur). dalam ayat di atas adalah hari raya orang-orang musyrik. Sebagaimana diterangkan oleh para ulama tafsir seperti Mujahid, Rabi’ bin Anas, Ikrimah, Qadhi Abu Ya’la, dan Ad-Dhahak.

Kemudian dalam sambungan ayat itu dijelaskan kembali, ‘’Jika mereka melewati tempat yang sedang digunakan untuk upacara agama oleh kaum musyrik, mereka segera berlalu dengan sikap baik.

Dali kedua berasal dari Hadis Anas bin Malik Radiallahu’anhu, yang menyatakan, Setibanya di Madinah, orang-orang Madinah kala itu memiliki dua hari yang mereka bersenang-senang (merayakan) dua hari tersebut. Lantas nabi bertanya. Dia hari apa ini?Kami bersenang-senang pada dua hari ini semasa jahiliyah dulu ya Rasulullah. Jawab para sahabat, sesungguhnya Allah telah menggantikan dua hari yang lebih baik dari dua hari tersebut, yaitu hari raya Idul Adha dan Idul Fitri.

Dari keseluruhan dali yang ditunjukkan oleh @farezazra_ di kolom komentar unggahan ternayta Tidak membuat Abu Janda memberikan hadiah uang tunai Rp50 juta yang ia janjikan sebelumnya. Justru, Abu Janda membalas singkat komentar @farezazra_.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan