oleh

Partai Golkar Punya Modal Kuat Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024, Begini Kata Pengamat Poltik

JAKARTA – Memiliki kinerja terukur dan program terarah adalah salah-satu alasan Partai Golkar mengusung Airlangga Hartarto untuk maju jadi Calon Presiden 2024.

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, sejauh ini Partai Golkar dinilai memiliki sumbangan suara yang cukup signifikan.

Selama dua kali Pilpres digelar pada 2014 dan 2019, Partai Golkar sangat solid dan tidak terlibat dalam konflik di internal partai.

Siti Zuhro menilai, Airlangga Hartarto yang menahkodai Partai Golkar merupakan sosok yang bersih dan minim kritik publik. Airlangga dinilai berhasil menjalankan tugasnya oleh masyarakat.

“Keliatannya menyongsong 2024 Golkar bakal mengusung kadernya sendiri. Ketum (Airlangga Hartarto) ini keliatannya disiapkan mengikuti pilpres,’’ucap Siti Zuhro kepada wartawan, Jumat (17/12)

Sosok Airlangga juga merupakan orang yang clear dan tidak menimbulkan berbagai polemik. Padahal jika dianalisa aturan Omnibus Law itu bisa saja menuai banyak kritik.

‘’Sangat luar biasa tetapi tidak ada yang ‘nembak’ langsung ke Airlangga, jadi orangnya sangat cool sekali,” kata Siti Zuhro.

Sementara itu pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, Airlangga Hartarto sebagai Ketua Partai telah memiliki modal politik untuk maju pada pencapres 2024.

Menurutnya Airlangga sukses memimpin Golkar dan mengemban amanah sebagai Menko Perekonomian. Sosok Airlangga Hartarto memiliki wawasan sangat luas baik nasional dan internasional.

“Saya pikir Golkar mengajukan Capres sudah tepat,’’cetus Emrus.

Dia menilai, jaringan Airlangga secara nasional dan internasional cukup luas. Dalam konteks penanganan pimpinan partai semua bisa di rangkul.

Keberhasilan Airlangga menangani pandemi Covid-19 membuat Pandemi terkendali dan membawa ekonomi terus membaik dan kebutuhan dasar masyarakat (sembako) tetap tersedia.

Pada kesempatan sama, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S),  Jerry Massie meilai, Airlangga Hartarto memiliki keunggulan jika dibandingkan kandidat lain di Pilpres 2024.

Airlangga mampu membawa Golkar meraih perolehan suara besar pada Pemilu 2019. Lalu memiliki kinerja terukur, pengalaman mumpuni, sangat berpotensi besar untuk dipilih oleh publik.

Selain itu, Airlangga juga memiliki rekam jejak di legislatif, karena pernah menjadi pimpinan Komisi di DPR. Sementara di bidang ekonomi, Airlangga pernah menjabat sebagai ketua Asosiasi Emiten Indonesia.

“Jadi Partai Golkar punya peluang, Airlangga berkoalisi dengan siapa itu bagian rahasia mereka. Intinya Airlangga telah menunjukkan kepemimpinan dan kinerja terbaiknya selama ini,” ucap Jerry. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga