Omicron Terdeteksi di Indonesia, Ini Tanggapan Kadinkes Kota Bandung

BANDUNG – Varian baru Covid-19 Omicron saat ini sudah mulai terdeksi di Indonesia. Pasien pertama dari virus yang berasal dari Afrika dikabarkan berada di Wisma Atlet Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan bahwa sampai saat ini varian virus tersebut belum ada di Kota Bandung.

“(virus Covid-19 Omicron) Belum,” ujar Ahyani saat dikonfirmasi Jabar Ekspres, Kamis (16/12).

Dengan adanya kasus tersebut, pihaknya menjelaskan bahwa saat ini Dinkes Kota Bandung terus melakukan antisipasi.

“Dengan ditemukannya 1 kasus varian Omicron di Indonesia (Jakarta), maka sebagai langkah antisipasi sesuai arahan Menkes (Menteri Kesehatan),” ucapnya.

Ahyani pun mengimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kedisiplinan mengenai Protokol Kesehatan (prokes).

“Tidak panik, masyarakat diingatkan meningkatkan disiplin 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Membatasi Mobilitas). Terutama menggunakan masker dan jaga jarak,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta sejumlah Rumah Sakit (RS) untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam penanganan kasus.

“Vaksinasi terus dilakukan, masyarakat yang belum segera ke Faskes (Fasilitas Kesehatan). Mohon semua diingatkan untuk disiplin prokes dan segera vaksinasi bagi yang belum,” pungkasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan