Akhir Tahun Bupati Bandung Target Tuntaskan Vaksinasi Usia 6-11 Tahun

BALEENDAH – Bupati Bandung Dadang Supriatna menargetkan akan menuntaskan vaksinasi bagi warga berusia 6-11 tahun, pada akhir Desember tahun ini.

Berdasarkan data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), vaksinasi di Kabupaten Bandung baru mencapai sekitar 71 persen. Sedangkan berdasarkan data rekapitulasi dari fasilitas kesehatan (faskes), baru mencapai kisaran 62 persen.

“Target kita di akhir Desember ini, warga usia 6-11 tahun bisa divaksin. Ini untuk percepatan vaksin pertama, agar bisa mencapai 70 persen,” ucap Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat mendampingi Kapolda Jabar Suntana, meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di SMP Prima Cendekia Islami, Baleendah, Kamis (16/12).

Dadang menjelaskan, kekurangan capaian vaksinasi 8 persen dari sekitar 2,7 juta warga sasaran, atau sekitar 250 ribu warga, masih bisa direalisasikan. Bulan Desember menyisakan waktu sekitar 13 hari lagi, artinya dalam satu hari harus dilakukan sekitar 20.000 vaksin.

“Kita akan terus bersinergi dengan Pak Kapolres, Pak Dandim dan pihak lainnya untuk mengejar target ini,” kata Bupati Bandung.

Sementara itu, Wakil Direktur (Wadir) Medik, Penunjang Keperawatan RSUD Al Ihsan, dr. Ferry Achmad Firdaus mengatakan secara teknis RSUD Al Ihsan siap menggelar program vaksinasi anak. Namun belum bisa dilaksanakan karena RSUD Al Ihsan berada di wilayah Kabupaten Bandung.

“Secara teknis siap, tapi kan kita menunggu supply kiriman vaksinnya baru kita melaksanakan kegiatan, karena yang mendistribusikan vaksin kan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Nanti kalau memang sudah ada kiriman vaksin, dan sudah ada surat bahwa Kabupaten Bandung sudah bisa melakukan vaksinasi anak, ya pasti segera kita lakukan,” pungkas Ferry. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan