Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Buah Nangka

JAKARTA – Siapa tidak mengenal buah nangka, buah dengan rasa manis ini bisa memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Kalau biasanya nangka diolah sebagai hidangan penutup. Seperti cake nangka, jus nangka, puding nangka atau menjadi campuran lain dalam menu hidangan ringan. Nangka juga bisa dikonsumsi begitu saja tanpa diolah.

Nangka mengandung banyak nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, serat dan lainnya. kandungan inilah yang membuat buah nangka juga bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh , seperti dikutip laman Thehealthsite.

1. Sumber energi instan
Nangka kaya akan karbohidrat atau gula seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan energi instan. Sebanyak 92 persen kandungan nangka hanya terbuat dari karbohidrat. Sekitar 1 cangkir umbi nangka mengandung 40 gram karbohidrat, yang cukup baik untuk membuat Anda tetap energik. Manfaat nutrisi nangka ini terutama bisa membantu orang yang ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat.

2. Mencegah masalah tiroid
Nangka merupakan sumber mineral baik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat kecil. Nangka sangat kaya akan tembaga yang memainkan peran khusus dalam fungsi tiroid.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sebagian besar buah memiliki fungsi penambah kekebalan yang dikaitkan dengan adanya kadar vitamin C yang tinggi. Nangka tidak hanya mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, tetapi juga mengandung gula yang bisa membantu meningkatkan kekebalan. Sebuah studi oleh Tan YF dan rekannya menganalisis fungsi stimulasi kekebalan dari gula dalam bubur nangka dan menemukan polisakarida dalam nangka meningkatkan fungsi sel fagosit, sejenis sel sistem kekebalan pada tikus.

4. Menurunkan tekanan darah
Sekitar 14 persen dari kebutuhan potasium harian Anda bisa dipenuhi dengan mengonsumsi secangkir nangka yang diiris. Tingkat potasium yang tinggi dalam nangka membuatnya sangat baik untuk mengatur tekanan darah dan menjauhkan Anda dari kondisi terkait seperti penyakit jantung.

5. Baik untuk pencernaan
Nangka cukup kaya serat makanan dan kandungan air, yang membantu dalam mengurangi sembelit dan meningkatkan pencernaan. Namun menurut Ayurveda, nangka (terutama yang mentah), mungkin sulit dicerna bagi orang yang menderita masalah pencernaan yang serius.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan