Angka Pengangguran di Kota Cimahi Turun Menjadi 13,7 Persen

CIMAHI – Angka pengangguran di Kota Cimahi, saat ini jumlah mengalami penurunan menjadi 13,7 persen atau 38.193 orang.

Tercatat pada bulan Agustus 2020 lalu jumlah angka pengangguran mencapai 39.055 orang atau 13,30 persen.

Koordinator Fungsi Koordinator Fungsi Tatistik Sosial pada BPS Kota Cimahi, Windi Pramudyawardani mengatakan jumlah warga di Kota Cimahi yang menganggur turun meskipun angkatan kerja di Kota Cimahi juga ikut menurun.

“Angka pengangguran memang menurun, karena jumlah pengangguran memang turun. Walaupun jumlah angkatan kerja di Cimahi juga turun,” kata Koordinator Fungsi Tatistik Sosial pada BPS Kota Cimahi, Windi Pramudyawardani, Kamis (9/12).

Sebelumnya, jumlah pengangguran di Kota Cimahi sempat naik drastis ketika wabah pandemi Covid-19 di tahun 2020. Bahkan, menempati urutan terbesar kedua dari 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

Memasuki tahun 2021, Windi menambahkan, jumlah pengangguran di Kota Cimahi tidak mengalami penambahan. Walau begitu, jumlah pengangguran di kota mungil ini masih menjadi salah satu yang terbesar di Jawa Barat.

“Di 2021 jumlah pengangguran tidak bertambah dan sudah ada yang mendapat pekerjaan. Tapi hanya sedikit, sehingga TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) Cimahi jadi paling tinggi se-Jabar,” jelasnya.

Windi menyebut, jumlah pekerja perempuan dan pencari kerja atau pengangguran perempuan justru meningkat.

“Artinya peran perempuan dalam angkatan kerja di kondisi pandemi ini justru makin besar,” tuturnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan