Hati-Hati, 7 Hal ini Bikin Kolesterol Naik Tanpa Disadari

JAKARTA – Pola hidup yang kurang sehat kadang tidak disadari bisa menimbulkan banyak penyakit, salah satunya naiknya kadar kolesterol. Saat ini penyakit ini tidak hanya menyerang orang dengan usia diatas 50an saja atau orang dengan pola makan tidak seimbang. Bahkan anak muda juga bisa terserang kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi merupakan akibat dari meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Dan kenaikannya tidak selamanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, namun Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan naik secara drastis tanpa disadari penderitanya. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

1. Tidak aktif secara fisik
Ada beberapa penelitian yang menyoroti peran latihan aerobik dan kekuatan berhubungan dengan penyakit yang satu ini. Olahraga tidak hanya menurunkan kolesterol jahat (LDL), tetapi juga meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Olahraga berlebihan
Latihan intensitas tinggi tertentu bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Ketika Anda berolahraga secara berlebihan, respons stres tubuh kamu dieksploitasi hingga serangkaian reaksi biokimia bisa terjadi. Respons ini bisa menyebabkan kerusakan serius. Lebih lanjut, hal itu bisa menyebabkan stres kronis dan meningkatkan risiko Anda menderita gangguan metabolisme, yang secara tidak langsung memengaruhi kadarnya.

3. Gangguan metabolisme
Dalam beberapa kasus, risiko kadar kolesterol tinggi meningkat dengan penyakit tertentu. Beberapa kondisi umum yang telah dikaitkan dengan kolesterol tinggi termasuk pankreatitis, diabetes dan tiroid yang kurang aktif (hipertiroidisme).

4. Stres
Stres mental dan emosional bisa berdampak besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Stres psikologis tertentu bisa menimbulkan keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat, yang meningkatkan kadarnya juga. Padahal, peningkatan kadar LDL akibat stres merupakan salah satu penyebab orang rentan terkena penyakit jantung.

5. Kurang tidur
Penelitian telah menemukan hubungan antara kuantitas dan kualitas tidur dengan perubahan kadar kolesterol. Pengaturan siklus tidur menyinkronkan proses tubuh lainnya dan membuatnya berfungsi secara optimal. Secara alami, ketika Anda kurang tidur, tingkat stres meningkat, fungsi otak melambat dan sirkulasi terpengaruh. Semua ini berkontribusi pada fluktuasi kadar lipid dalam darah.

6. Tidur berlebihan
Sama seperti olahraga berlebihan, tidur berlebihan juga berdampak negatif pada kadar kolesterol. Jadi, orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam selama periode waktu tertentu, mungkin memiliki dampak yang sama,  seperti orang yang tidur lebih dari sembilan jam secara konsisten.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan