Diet Karbo, Atasi Diabetes Tanpa Minum Obat

MELAKUKAN diet karbo, ternyata bisa menjadi peluang bagi pasien penyintas diabetes tipe 2 untuk mengendalikan masalah gula darah dan berhenti minum obat. Pasien dengan diabetes tipe 2, biasanya harus mengkonsumsi obat seumur hidup. Atau yang lebih parah harus suntik insulin setiap hari.

Namun dalam penelitian terbaru, perubahan gaya hidup dan pola makan bisa membantu pasien diabetes menormalkan kadar gulanya tanpa harus mengkonsumsi obat setiap hari.

Caranya adalah dengan melakukan diet karbo, atau mengurangi asupan karbohidrat dalam menu sehari-hari. Hal ini terbukti membantu lima persen orang untuk membalikkan kondisi diabetes tipe 2. Mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dapat menyebabkan 1 dari 20 orang bisa mengendalikan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 menyebabkan komplikasi, hilangnya penglihatan, luka kaki diabetes, hingga stroke. Studi baru-baru ini memeriksa catatan medis dari hampir semua orang di Skotlandia yang didiagnosis dengan diabetes tipe 2 hingga 2019. Mereka mempelajari catatan 162 ribu orang berusia di atas 30 tahun dan menemukan bahwa hampir lima persen (7.710 orang) mencapai remisi atau berhasil mengendalikan gula darah.

Program rendah karbohidrat dan manajemen berat badan untuk menghindari obesitas adalah cara terbaik. Remisi didefinisikan sebagai mempertahankan tingkat gula darah normal selama minimal satu tahun tanpa minum obat.

Temuan mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 lebih mungkin untuk memasuki remisi setelah menurunkan berat badan. Hampir 20 persen dari mereka yang dalam remisi telah kehilangan minimal 15 kg.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang berusia di atas 75 tahun memiliki peluang terbaik untuk memasuki remisi. Mereka juga hampir 50 persen lebih mungkin untuk memasuki remisi dibandingkan dengan mereka yang berusia 45 hingga 54 tahun.

Lebih lanjut, mereka menemukan bahwa pria yang lebih tua tidak sesukses wanita yang lebih tua. Orang yang memiliki kadar gula darah lebih rendah saat didiagnosis memiliki peluang lebih besar untuk remisi.

“Kami telah mampu menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa satu dari 20 orang di Skotlandia dengan diabetes tipe 2 mencapai remisi. Ini lebih tinggi dari yang diharapkan dan menunjukkan banyak orang mungkin dapat mencapai remisi tanpa operasi penurunan berat badan,” kata peneliti dari University of Edinburgh, dr. Mireille Captieux.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan