Ketua FKDS Depok, Incar Swasti Saba Wistara

DEPOK – Forum Kota Depok Sehat (FKDS) kini sedang mengincar penghargaan Swasti Saba Wistara di Tahun 2023. Untuk mendapatkan penghargaan sebagai kota sehat, pembinaan dan kota pengembangan tersebut, diperlukan sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Ketua FKDS Kota Depok, Elly Farida membeberkan syarat yang diperlukan demi meraih penghargaan Swasti Saba Wistara tersebut, salah satunya adalah percepatan capaian Open Defecation Free (ODF) atau setop buang air besar sembarangan.

“Diperlukan capaian Open Defecation Free (ODF) minimal 80 persen untuk mengikuti penilaian Kota Sehat 2023,” ungkap Bunda Elly, demikian sapaan akrabnya, Sabtu (4/12).

Dirinya mengaku tidak mudah untuk mempercepat program pencapaian ODF tersebut, apalagi harus mencapai angka 80 persen, kecuali semua pihak terlibat dalam agenda tersebut.

“Untuk merealisasikan hal itu tidak gampang, karenanya diperlukan komitmen dan kemauan dari seluruh elemen masyarakat. Karena, menjadikan Depok sebagai Kota Sehat mau tidak mau harus dimulai dari perubahan perilaku masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mendorong seluruh perangkat wilayah agar meningkatkan kualitas kepengurusan mulai dari Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat sampai Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS).

Adapun tugas sederhana yang bisa dikerjakan saat ini antara lain pencatatan dan pelaporan atau rekonsiliasi data, penguatan kelompok kerja serta monitoring dan evaluasi (monev).

“Selanjutnya, dapat dilakukan penguatan strategi advokasi, sistem monev yang berkesinambungan, komitmen dukungan anggaran hingga peningkatan upaya promosi,” pungkasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan