Tangani Sampah di Pasar Parakanmuncang, DLHK Sumedang Siapkan Ini

SUMEDANG – Banyaknya keluhan dan sorotan mengenai tumpukan sampah di Pasar Parakanmuncang direspons langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LHK) Kabupaten Sumedang, Yosep Suhayat.

Yosep mengaku, dirinya sudah cukup banyak menerima laporan mengenai sampah yang menggunung dan timbulkan aroma busuk di Pasar Parakanmuncang.

Menurutnya, sangat wajar apabila masyarakat merasa tak nyaman, terutama warga Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang yang berada dekat dengan area Pasar Parakanmuncang.

Karenanya, Yosep akan memfasilitasi masyarakat terhadap keluhan sampah yang tak pernah tersisir habis meski sudah diangkut itu.

“Kita akan memfasilitasi aspirasi masyarakat terkait kebutuhan tempat sampah di pasar Parakanmancang,” kata Yosep di lokasi, Rabu (1/12).

Dalam pantauan di lokasi, terlihat Yosep secara langsung memantau tumpukan sampah yang ada di dapan Pasar Tradisional Parakanmancang di Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung.

Dalam pemaparannya, Yosep menuturkan, guna memberikan kebersihan di lingkungan pasar terutama untuk kenyamanan masyarakat yang mengunjungi atau sekadar melewati area Pasar Parakanmuncang, maka penyisiran sampah akan ditingkatkan.

Diketahui sebelumnya, pengangkutan sampah yang menumpuk di Pasar Parakanmuncang biasanya dilakukan pengangkutan satu kali dengan satu unit armada.

“Setiap harinya kami akan menurunkan empat kendaraan pengangkut sampah di Pasar Parakanmancang setiap kali angkut,” imbuh Yosep.

Bahkan, Yosep menegaskan, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumedang siap mengangkut sampah di area Pasar Parakanmuncang hingga tak tersisa.

“Kita akan angkut terus, supaya (sampah) benar-benar zero (nol). Sampah (di Pasar Parakanmuncang) tidak lagi bertumpuk,” tutup Yosep. (mg5)

Tinggalkan Balasan