Bulan Menanam Nasional 2021, PLN UIP JBT Berikan Bantuan CSR 2.250 Pohon Produktif

Penanaman pohon ini akan menggunakan model agroforestry, dimana model ini dapat meningkatkan hasil produksi suatu lahan dengan penanaman berbagai macam komoditi bernilai ekonomi dan menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi adanya program TJSL dari PLN UIP JBT. Semoga program ini dapat berjalan baik dan mudah-mudahan di area 5 hektar ini kedepannya juga dapat menjadi sarana edukasi baik dari sektor perbenihannya maupun pengembangan potensi dari hasil tanamannya sehingga dapat menjadi area percontohan bagi daerah lainnya,” ujar Irawan.

Adapun jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini ialah tanaman pokok berupa tanaman Jabon dan Balsa serta tanaman Multi Purpose Trees Species (MPTS) berupa tanaman Lengkeng dan Mangga. Selain tingkat adaptasinya yang cukup baik, tanaman Jabon dan Balsa mampu mengikat agregat tanah dengan baik sehingga diharapkan dapat menahan laju aliran permukaan dan menahan sedimentasi. Hasil dari tanaman ini pun juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Misno, Ketua Kelompok Tani Hutan Mukti selaku penerima bantuan dalam agenda seremoni tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan.

“Terima kasih banyak kepada PLN dan Dinas Kehutanan yang telah membantu mewujudkan mimpi dan cita-cita kelompok tani hutan mukti untuk menghijaukan Desa Parakanlima. Ini mimpi kami sejak lama, dan tentunya kami akan berupaya untuk mengembangkan dan memelihara bantuan yang telah diberikan agar dapat memberikan manfaat bagi anggota kelompok dan masyarakat sekitar. Bantuan ini tidak hanya untuk meningkatkan ekonomi, namun juga meningkatkan pemahaman tentang bagaimana alam ini harus kami jaga,” ungkap Misno.

Bantuan TJSL senilai Rp 107 Juta ini tidak hanya direalisasikan dalam bentuk bibit pohon. PLN juga memberikan bantuan pupuk dan biaya pemeliharaan agar pohon dapat tumbuh dengan baik.

Diharapkan program ini dapat memberikan manfaat dalam memperbaiki struktur tanah, pengendalian erosi, serta sedimentasi dapat terkontrol dengan baik. Selain itu, PLN juga berharap masyarakat setempat dapat semakin meningkat produktivitasnya, semakin maju dan berkembang serta mampu membuka peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. (*)

Tinggalkan Balasan