Elektabilitas Ridwan Kamil

Bagaimana bandingannya dengan gubernur lainnya dalam menangani pandemi di daerah masing-masing tentu semua ada plus minusnya Tapi -menurut penulis- paling tidak ujian terbesar kepala daerah saat ini tidak saja terkait dengan penanganan pandemi namun juga tidak tergoda untuk memainkan dana pandemi yang pasti sangat besar. Dan hal ini sudah terbukti banyak pejabat yang harus rela diberi seragam oranye tersandung dana pandemi.

Selain itu, dengan jumlah penduduk provinsi terbanyak di Indonesia maka menangani pandemi juga merupakan masalah yang sangat berat. Artinya, semakin banyak penduduk tentu semakin rumit penanganan pandemi, dan dari titik ini RK mendapat apresiasi dari banyak kalangan.

Dalam catatan penulis, selain tidak gagap dalam menangani pandemi, ada beberapa hal yang -harus diakui- merupakan nilai lebih Emil, apa saja itu? Yang pertama ia jauh dari gosip miring. Kepala daerah identik dengan kemasyuran dan kekayaan sehingga secara normatif “mudah jatuh” karena masalah asmara atau perselingkuhan. Dalam hal ini Emil clear.

Kedua, ia tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang kemudian menimbulkan kontroversi, termasuk dalam pengertian ini aktif dalam bermedsos namun juga aman.

Ketiga, ketokohannya banyak mendapat pengakuan dari banyak kalangan. Baru-baru ia berhasil meraih dua penghargaan People of The Year 2021.

Dua kategori itu adalah Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemi, yang berhubungan dengan penanganan pandemi karena dinilai memenuhi semua indikator keberhasilan melawan pandemi yakni indeks kewaspadaan, tingkat kepatuhan protkes masyarakat dan laju vaksinasi. Dan satu lagi sebagai Best for E-Government and Digital Innovation terkait inisiasi pelayanan digital bagi masyarakat (24/11/2021).

Keempat, ini yang tidak kalah pentingnya dan menyangkut hal yang sangat populer bagi masyarakat, apa itu? PON XX 2021 Papua! Kita ketahui bersama bahwa dalam perhelatan PON di Papua kontingen Jawa Barat berhasil keluar sebagai kampiun di atas provinsi macan olahraga yakni DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Namun sayang sekali, untuk faktor plus nomor tiga dan empat tidak terlalu diekspose oleh pihak RK . Padahal kedua atribut di atas (People of The Year 2021 dan juara PON Papua) merupakan sesuatu yang sangat sulit diraih. Meskipun keduanya merupakan hasil kerja kolektif namun jika sang top manager tidak cakap maka title itu tidak akan bisa diraih. Insya Allah penulis akan mengulasnya mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan