Longsor di Cimahi, Dinding Rumah Warga di Cipageran Jebol

CIMAHI – Satu rumah warga di Puri Cipageran Indah 1, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi rusak akibat tertimpa longsor yang terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kota Cimahi pada Jumat (19/11) siang hingga sore.

Akibat peristiwa itu, rumah milik Ajat, 50, rusak parah. Untungnya, tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, satu orang yang mengalami luka ringan akibat tertimpa bebatuan longsor.

“Kejadiannya jam satu siang. Kebetulan istri saya lagi pel biasa kalau hujan suka merembes airnya. Pas anak saya ke halaman rumah tiba-tiba batu longsor itu kena belakang rumah,” kata Ajat ditemui di tempat kejadian, Sabtu (20/11).

Menurut Ajat, posisi sungainya tertutup dengan longsor dan airnya meluap masuk ke dalam rumah.

Malangnya, tidak ada satupun barang berharga milik Ajat yang terselamatkan. Termasuk uang, perhiasan, pakaian, dan lain-lain.

“Uang, pakaian hilang, tv, kulkas, motor pada rusak,” lirihnya.

Sementara itu, menurut Ketua RW 24 Kelurahan Cipageran, Alifudin, kejadian longsor terjadi pada Jumat (19/11) pukul 13.30 siang. Bagian benteng di wilayah RT 03 runtuh dan akhirnya menimpa rumah milik Ajat, tepatnya di bagian belakang rumahnya.

“Di wilayah RT 03 salah satu rumahnya ada yang runtuh. Kemudian benteng itu menimpa tembok bagian belakang rumah warga RT 06,” jelasnya.

“Kemudian airnya meluap dari arah pemukiman warga RT06,”imbuhnya.

Alifudin membeberkan, pemilik rumah korban yang tertimpa untuk sementara diungsikan dirumah warga lainnya.

“Penghuni rumah yang rusak, diungsikan di rumah warga. Jadi mereka bisa ditampung sementara. Dan Alhamdulilah warga disini mereka cukup baik. Banyak sekali warga yang menawarkan untuk mengungsi di rumah mereka,” bebernya.

Saat ini, warga, petugas BPBD, Tim Kecebong DPKP Cimahi, Tagana Kota Cimahi membersihkan material yang rusak dan juga memperbaiki dinding yang rusak akibat longsor. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan