Sempat Amankan 120 Ekor, DPKP Kota Depok Berikan Tips Hadapi Ular

DEPOK – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok memberikan tips kepada warga jika sedang bertemu ular sedang masuk ke dalam rumah.

“Bagi warga utamanya yang tidak terlatih (menjinakkan ular), cukup dengan ketenangan, alias tidak panikan. Kemudian, hindari memegang atau menyentuh ular tersebut,” kata Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos, Kamis (18/11).

Untuk menghindari risiko berbahaya, pihaknya meminta kepada warga untuk waspada terhadap hewan-hewan liar terutama ular dengan cara rutin membersihkan area-area yang berpotensi mengundang ular.

“Kita selalu ingatkan kepada warga agar tetap waspada dan selalu melakukan pencegahan dengan membersihkan area rumah atau lingkungan sekitar rumah supaya tidak mengundang ular,” ujarnya.

Welman lebih lanjut menuturkan, apabila warga membutuhkan bantuan untuk penanganan ular (liar) yang masuk ke rumah, maka cukup menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau Tim Rescue Damkar Depok di nomor: 021-77827280.

Dia menambahkan, sejauh ini pihak DPKP sudah berhasil melakukan evakuasi hewan liar, terutama ular sebanyak 120 ekor ular.

“Terhitung mulai Januari-Oktober 2021, DPKP Kota Depok telah berhasil mengevakuasi sebanyak 120 ular. Jenis ular yang telah dievakuasi diantaranya ular jenis sanca dan kobra,” imbuhnya.

Dikatakan, ular-ular yang telah dievakuasi tersebut berasal dari tempat atau lokasi yang berbeda-beda. Ada yang dievakuasi dari kamar tidur, loteng, dapur hingga kamar mandi.

“Untuk evakuasi sendiri paling banyak dilakukan pada bulan Juni, yaitu sebanyak 21 kali. Lalu. Di bulan Maret sebanyak 15 kali, dan Mei 14 kali,” terangnya.

Terakhir, kata dia, sebanyak dua belas kali evakuasi masing-masing dilakukan pada Januari, Februari, April, dan Agustus. Kemudian, pada 10 kali di bulan September, tujuh kali di Oktober dan Juli lima kali. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan