Hidup Sendiri di Rumah Tidak Layak Huni, Begini Kondisi Abah Undi

KBB – Rumah Layak Huni menjadi impian bagi semua orang. Termasuk Abah Undi, warga kampung Gandok RT 03 RW 09 Desa Cikadu Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Di usia senjanya yang kini telah mencapai 75 tahun, Abah Undi tinggal di sebuah rumah yang tak layak huni, sendirian.

Kondisi rumah yang ia tempati sangat mengkhawatirkan. Sebab, rumah tersebut hanya berbentuk rumah panggung,  yang bahkan hampir roboh bangunannya.

“Saya hidup sendiri di sini. Ya rumah saya begini kondisinya. Hanya ditunjang oleh satu lampu dan lampu inipun listriknya berasal dari tetangga yang memberikan listrik untuk satu lampu buat di rumah saya,” kata Abah Undi, Kamis (18/11)

Tetangga di sekitar abah Undi turut prihatin dengan kondisi rumah Abah Undi yang mulanya tidak memiliki listrik. Tati, tetangga Abah Undi, kemudian membantu memberikan listrik dengan satu lampu, karena abah Undi selalu membantu membersihkan sampah di sekitar lingkungan warga.

“Ya saya memberikan listrik itu sebagai bentuk apresiasi kepada Abah Undi. Karena meskipun usianya tak lagi muda tapi dia masih peduli dengan kondisi kebersihan yang ada. Karena selalu membuang sampah para tetangganya, maka saya ikut membantu untuk memberikan listrik kepada abah Undi,” ujar Tati.

Kondisi memprihatinkan warga sepuh yang tinggal sendiri di rumah tak layak huni itu harusnya menjadi perhatian pemerintah daerah setempat.

Salah satu organisasi penebar kebermanfaatan, Dompet Kesejahteraan Umat pun turut menunjukkan kepedulian terhadap Abah Undi. Menyikapi hal tersebut, pihak Dompet Kesejahteraan Umat berinisiatif untuk menggalang dana demi memberikan rumah yang nyaman disertai listrik yang mumpuni bagi Abah Undi.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat yang memiliki rasa peduli pada sesama untuk kemudian kita sama sama memberikan kebermanfaatan bagi Abah Undi. Untuk dapat menikmati rumah layak huni serta listrik yang mumpuni. Agar Abah Undi dapat hidup dengan kondisi rumah yang nyaman,” tutur A. Cahya Suryadi selaku perwakilan Dompet Kesejahteraan Umat.

Cahya berharap, dengan bantuan dari berbagai pihak, rumah layak huni untuk Abah Undi dapat segera dibangun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan