Disparbud KBB Siapkan Pelatihan bagi Pelaku Usaha Kreatif

KBB – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyiapkan program pelatihan bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif sebagai langkah pemulihan ekonomi di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Hanny Nurismandiyah saat ditemui Jabar Ekspres mengungkapkan, Disparbud optimis untuk memulihkan ekonomi KBB dan siap membantu para pelaku usaha.

“Pandemi Covid-19 seperti yang kita ketahui berdampak kepada berbagai sektor. Di antaranya sektor ekonomi. Menyikapi hal tersebut pemerintah daerah Bandung Barat optimis untuk melakukan pemulihan ekonomi kreatif di wilayah Bandung Barat,” ujarnya saat ditemui pada Kamis, (18/11)

Pelaku usaha kreatif nantinya akan dibina oleh pemerintah daerah Bandung Barat melalui program pelatihan kreatif dari Bidang Ekonomi Kreatif.

” Pemerintah Bandung Barat sudah menyiapkan skenario pemulihan ekonomi kreatif melalui pelatihan bagi para pelaku usaha. Seperti yang sudah dilaksanakan melalui progam pelatihan dasar Racik Kopi. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman bagaimana cara meracik kopi yang nikmat sehingga nantinya dapat bekerja dalam bidang kopi serta mumpuni dalam pekerjaannya,” jelasnya.

Harapannya, usai mendapatkan pelatihan usaha kreatif dari Disparbud KBB, peserta mampu menciptakan lapangan pekerjaan sesuai pelatihan yang didapatkan.

“Tentunya selain daripada para peserta nanti dapat bekerja secara kompetensi dalam bidangnya, harapan kami kemudian mereka mampu menciptakan lapangan pekerjaan sesuai bidang pelatihan yang diikutinya. Jadi mereka nantinya dapat mengembangkan peluang usaha kreatif yang kompeten” terangnya.

Pemerintah Bandung Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan optimis dalam melaksanakan pemulihan ekonomi di wilayah Bandung Barat. Menurutnya, pemulihan ekonomi itu akan dapat terlaksana melalui peran dari para pelaku usaha ekonomi kreatif.

“Pastinya kami pemerintah daerah Bandung Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam hal ini Bidang Ekonomi Kreatif sangat optimis untuk memunculkan para pelaku usaha kreatif yang baru. Sebagai outputnya menciptakan lapangan pekerjaan yang luas. Sehingga tercapailah pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 untuk mewujudkan masyarakat madani,” tutupnya. (mg)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan