Curah Hujan Tinggi, Waspadai Demam Berdarah Dangeu

BANDUNG – Datangnya musim penghujan dengan intensitas hujan yang tinggi memerlukan peningkatan kewaspadaan, selain mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor, timbulnya berbagai penyakit di masyarakat juga harus perhatian.

Salah satu penyakit yang paling ditakuti saat musim penghujan adalah Demam Berdarah Dangeu (DBD), karena dampaknya bisa menyebabkan kematian, bahkan menurut data Kemenkes, setiap tahunnya hampir 390 juta orang terinfeksi diseluruh dunia. Di sumedang ada Dusun Ciranten Desa Buahdua sedang dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) karena 44 warganya sakit Demam Berdarah Dangeu (DBD) secara bersamaan, selasa (16/11).

Hal yang perlu diwaspadai untuk pencegahan penularan demam berdarah, adalah dengan menghindari datangnya nyamuk demam berdarah di lingkungan rumah. Caranya dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Hal ini untuk membuat nyamuk demam berdarah tidak singgah dan bertelur, atau menjadikan lingkungan rumah sebagai sarangnya.

Selanjutnya menjaga tempat penampungan air, perhatikan kebersihan tempat penampungan air karena biasanya menjadi nyamuk demam berdarah dan chikungunya berkembang biak. Perhatikan terutama pada tempat di luar rumah seperti ember atau bak terbuka, dan pastikan untuk dibersihkan secara rutin.

Menggunakan pakaian yang tepat, dengan memilih pakaian yang tepat dapat menurunkan kemungkinan digigit nyamuk. Pastikan menggunakan pakaian yang cukup tertutup serta hindari pakaian berwarna gelap yang cenderung disukai oleh nyamuk.

Memasang jaring dan menggunakan pengusir nyamuk, penggunaan pengusir nyamuk seperti semprotan, obat nyamuk bakar, krim, dan lain sebagainya bisa dilakukan, atau juga bisa memasang jaring pada lubang-lubang sekitar rumah untuk mencegah nyamuk masuk.

Mengingatkan lingkungan sekitar akan bahaya nyamuk demam berdarah, selain upaya yang dilakukan dari dalam rumah, lingkungan dan orang-orang sekitar juga harus memiliki kesadaran yang sama. Salah satu langkahnya dengan selalu mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dan menghindari adanya penampungan air terbuka.

Selain itu mengajak warga sekitar untuk bergotong royong membersihkan lingkungannya juga menjadi langkah yang efektif menghindari sarang nyamuk atau mengusir nyamuk. mewujudkan lingkungan bersih untuk bebas demam berdarah ini bisa diterapkan pada cakupan yang lebih besar di lingkungan sekitar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan