HMI Cabang Bandung Kritisi Pemkot Bandung Belum Bisa Tangani Banjir

BANDUNG– Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung  menyoroti penanganan banjir di Kota Bandung yang dianggap belum maksimal. Sebab, pada kenyataannya di beberapa titik di jalanan Kota Bandung masih terdapat banyak genangan air.

Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) HMI Cabang Bandung Abdul Firman Nugraha mengatakan, berdasarkan catatan Dinas Pekerjaaan Umum (DPU) Kota Bandung terdapat 17 titik pemukiman yang masih terendam banjir dan genangan.

Melihat kondisi itu HMI menilai, permasalahan banjir ini belum ada titik temu penyelesaiannya. Padahal dari segi anggaran DPU Kota Bandung sudah dinyatakan layak untuk membenagi dan menangani banjir di Kota Bandung.

‘’Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung Menyampaikan Kekecewaan terhadap Pemerintahan Kota bandung yang sampai saat ini belum juga memberikan solusi konkret kepada permsalahan banjir yang terjadi di Kota Bandung,’’tutur Firman dalam keterangannya, (8/11).

Pemkot Bandung dinilai kurang cermat dalam mengalokasikan anggaran untuk penanganan bencana.

Jika dilihat dari RAPBD, alokasi dana untuk hibah naik signifikan, tapi untuk alokasi kebutuhan infrastruktur, irigasi, saluran drainase untuk penanganan banjir dan moda transportasi malah turun karena di pangkas

‘’ini menjadi pertanyaan besar bagi kami, terkait keseriusan pemerintahan kota bandung guna menanggulangi permasalahan Banjir yang meresahkan masyarakat ini” kata Firman.

Untuk itu, HMI menyarankan agar Pemkot Bandung kembali mengembalikan prioritas untuk permsalahan di masyarakat untuk menangani masalah banjir perkotaan itu.

“Harusnya Kota Bandung belajar kepada kejadian-kejadian tahun sebelumnya, titik banjir kota Bandung sudah semakin parah, tidak bisa mengandalkan satu dua sektor saja, dalam hal ini, pekerjaan rumah Walikota, untuk memulai solusi Banjir lebih menyeluruh dan terarah. Apalagi Walikota hari ini, bukan baru memimpin di level kota Bandung, Banjir ini kan pernah parah juga waktu kepemimpinan Emil-Oded.” Punkas Firman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan