Antisipasi Banjir, Camat Beji Bentuk Katana

DEPOK – Camat Beji, Hendar Fradesa menyebut pihaknya telah membentuk Kelurahan Tanggap Bencana (Katana) untuk mengantisipasi bencana banjir di musim penghujan.

“(Katana) sudah kita persiapkan tahun ini untuk mengantisipasi potensi bencana dan dapat lebih cepat dalam menanggulangi bencana ke depan,” katanya, Sabtu (6/11).

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengaku telah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak. Termasuk pihak Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk bersama-sama mengatasi segala potensi bencana yang terjadi di musim penghujan ini.

“Termasuk bersinergi dan berkolaborasi dalam pembangunan embung atau cekungan penampung yang berfungsi untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan di RW 01 Kelurahan Kukusan,” terang Hendar.

Menurut Hendar, kondisi Sungai Cabang Tengah di Kukusan dan Srengseng Sawah kini sudah mulai alami penyempitan dan pendangkalan. Hal ini menyebabkan air sungai sering meluap kala terjadi hujan lebat.

Untuk itu, dengan adanya kerja sama pembangunan menanggulangi bencana banjir diharapkan mencegah potensi bencana ke depan.

Lanjut Hendar, pihaknya juga sedang menjalin komunikasi dengan pihak Universitas Indonesia (UI).

Komunikasi dengan pihak UI ini tak lain membahas soal pemanfaatan Situ Salam atau Danau Salam yang merupakan muara Sungai Cabang Tengah untuk dijadikan tempat tamping air saat terjadi hujan deras.

Terkini, kata dia, seluruh perangkat baik lurah, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), hingga RT-RW di kecamatan Beji juga telah diinstruksikan untuk rutin memantau debit air Sungai Ciliwung.

“Elemen atau komunitas lain utamanya yang berada di kawasan Pondok Cina (Pocin) dan Kemiri Muka yang berada di dekat aliran Sungai Ciliwung juga tak lupa kita libatkan dalam agenda bersama ini,” ujarnya.

“Khusus antisipasi potensi banjir Sungai Ciliwung dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan mengenai badai La Nina yang berpotensi menerjang Kota Depok mulai Oktober sampai Desember mendatang. Untuk mengantisipasi itu, semua pihak diharapkan terlibat aktif dalam giat bersama ini,” pungkasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan