Ini Manfaat Rumah Singgah Inisiasi Pemkot Depok

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang menambah fasilitas layanan berupa rumah singgah yang terletak di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji.

Adapun tujuan penyediaan rumah singgah tersebut, menurut keterangan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri diperuntukkan bagi Relawan Bencana Kota Depok.

“Rencananya rumah singgah ini digunakan sebagai posko ataupun home base bagi para relawan yang mengadakan kegiatan sosial,” katanya, Selasa (2/11).

Menurut Supian, rumah singgah tersebut akan menjadi sentra koordinasi dan gerakan kemanusiaan. Sebab, kata dia, di tempat tersebut selain jadi tempat berkumpul para relawan, juga menjadi tempat mitigasi kebencanaan.

“Dengan begitu, melalui inisiasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, para relawan bakal semakin dimaksimalkan perannya,” ujarnya.

Di samping itu, kata dia, kehadiran rumah singgah tersebut merupakan bagian dari bentuk apresiasi Pemkot Depok kepada para relawan kemanusiaan dan kebencanaan.

Dia juga mengatakan, para relawan akan dibekali sejumlah pengetahuan dan kompetensi seputar aksi tanggap kebencanaan dan bantuan kemanusiaan lainnya sebelum menempati rumah tersebut.

“Hal itu bertujuan agar para relawan dapat mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapatkan pada saat mengikuti pelatihan,” tandasnya.

Terpisah, Camat Beji, Hendar Fradesa mengaku senang dan bangga wilayahnya terpilih sebagai lokasi rumah singgah bagi relawan bencana di kotanya.

“Senang sekali Beji dipilih menjadi lokasi rumah singgah. Rencananya rumah singgah ini berlokasi di di RW 09 Kelurahan Pondok Cina,” pungkasnya. (Mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan