Cara Kerja Facebook Tidak Akan Sehat Selama Mark Zuckerberg Memimpin Perusahaan

CEO Facebook yang kini berganti nama perusahaan menjadi Meta, Mark Zuckerberg didesak untuk mengundurkan diri dari jabatannya agar cara kerja dan nama baik Facebook menjadi lebih baik.

Menurut pelapor pelanggaran (whistleblower) Facebook, Frances Haugen, cara kerja platform media sosial asal AS itu tidak akan sehat selama Mark Zuckerberg terus bercokol di sana.

“Saya pikir tidak mungkin perusahaan akan berubah jika (Mark Zuckerberg) tetap menjadi CEO,” ujar Frances dalam acara Web Summit di Lisbon.

Pernyataan itu menyusul tindakan Frances yang melaporkan pada publik bahwa cara kerja Facebook yang tidak sehat.

Dia menyebutkan akan lebih baik jika seseorang yang berfokus pada keamanan privasi dan data menggantikan Mark Zuckerburg, sehingga kepercayaan masyarakat pada Facebook bisa kembali.

Sebelumnya pada pekan lalu, Mark Zuckerberg mengubah nama Facebook menjadi Meta karena ingin berfokus pada pembangunan “metaverse”.

“Metaverse” akan menjadi lingkungan virtual yang direncanakan sebagai penerus ruang internet yang kini dikenal oleh banyak orang.

Namun demikian, menurut Frances perubahan citra yang dilakukan Facebook itu tidak akan berdampak besar karena masalah utama yaitu keamanan data hingga pelanggaran privasi belum juga ditangani.

“Berkali-kali Facebook memilih ekspansi dan area baru alih-alih berpegang teguh pada apa yang telah mereka lakukan,” kata Frances.

Masalah lainnya yang mungkin terjadi, menurut Frances ialah jika Facebook tidak memperbaiki algoritmanya agar bisa membendung konten ekstrem yang berisikan kekerasan maupun komentar memecah belah maka kericuhan mungkin terjadi.

“Masalah utamanya adalah bahwa fondasi keamanan platform didasarkan pada pemantauan berdasarkan bahasa, yang tidak berskala ke semua negara tempat Facebook beroperasi,” tutup Frances. (reuters/ant/jpnn-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan