Disdik Kota Cimahi Sebut Vaksinasi Pelajar Sudah Capai 94 Persen

CIMAHI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi menyebutkan, capaian vaksinasi Covid-19 untuk pelajar sudah menyentuh 94 persen.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono. “Sudah 94 persen dari 21.000 tinggal 1.200 (pelajar),” ujar Harjono, Senin (1/11).

“Ini lagi disisir kembali karena adanya himbauan harus vaksin sebelum mengikuti tatap muka,” tambahnya.

Maka, lanjut Harjono, sebagian pelajar sudah mulai menjalani vaksinasi di puskesmas secara mandiri.

“Nah, jumlah berapa? Sekarang kita sedang susun,” katanya.

Adapun terkait jumlah peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) yang sudah vaksin baru 1.600 siswa yang menerima vaksin dari keseluruhan 4.000 siswa.

“Yang belum dijadwalkan (alasannya) karena jumlah tenaga kesehatan terbatas,” jelasnya.

Harjono pun menyebut, sempat mengikuti rapat dengan beberapa komite yang berharap pada peserta didik SD yang usianya sudah 12 tahun ke atas dapat mengikuti vaksin di tiap sekolah masing-masing.

“Kemarin juga sempat ada rapat, komite berharap untuk SD vaksinnya di sekolah masing-masing tenaga kesehatan yang datang,” ujarnya.

Namun, dia mengatakan bahwa tim satgas kurang setuju dengan kegiatan tersebut karena biasanya yang divaksin hanya 10 sampai 20 siswa.

“Tetapi dari tim satgas mengatakan tidak efektif, kenapa tidak efektif? Kan satu SD tu cuma 10-20 orang yang usia 12 tahun keatas,” katanya.

“Jadi lebih baik ke Puskesmas terdekat, karena setiap melakukan vaksin harus memperhitungkan tenaga kesehatan yang disiapkan dan jumlah vaksinnya juga,” ujarnya kembali.

Harjono berharap, pada Bulan Desember mendatang harus sudah selesai yakni sudah mencapai 100 persen pelajar di Kota Cimahi mendapat suntik vaksin.

“Sesuai rencana pemerintah, di bulan Desember harus sudah selesai tinggal 6 persen yang belum diizinkan orangtuanya,” pungkasnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan