Begini Imbauan Polres Cimahi Agar Masyarakat Terhindar dari Kejadian Curas

CIMAHI – Kapolres Cimahi, AKBP Imron Ermawan mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada saat sedang keluar rumah, apalagi keluar rumah pada malam hari.

“Imbauan kami kepada masyarakat yang pertama selalu waspada karena kejahatan itu bisa terjadi dimana saja, kapan saja, menyimpang siapa saja dan tidak mengundang sasaran untuk itu selalu waspada,” ujarnya.

Imron mengatakan, saat malam hari diusahakan masyarakat tetap dirumah jika tidak ada sesuatu yang mendesak.

“Biasanya tindak kejahatan itu rata-rata di tempat yang sepi,” terangnya.

Imron mengatakan, jika kejadian pencurian disertai kekerasan terjadi, segera lapor pada pihak yang berwajib agar laporannya dapat segera diproses.

“Jika melapor pada besok dan laporannya telat otomatis dari pihak kepolisian juga akan ada sedikit ekstra dalam pengungkapan kasus tersebut karena kecepatan dari para pelapor juga tidak segera melapor kepada pihak kepolisian,” katanya.

Selanjutnya, Kasat Reskrim Polres Cimahi, AKP Yohanes Redhoi Sigiro menyampaikan, jajaran Satreskrim Polres Cimahi tidak pernah berhenti melayani masyarakat dalam mencari dan memburu pada pelaku kejahatan.

“Kami mohon bantuan dari masyarakat untuk memberikan informasi dalam rangka bekerja sama dengan kepolisian untuk mengungkap kejahatan-kejahatan yang ada di Kota Cimahi maupun Kabupaten Bandung Barat,” imbaunya.

Dia menjelaskan, biasanya pelaku curanmor atau curas mereka melakukan tindak kejahatan secara berkelompok.

“Pelaku curanmor atau curas biasanya mereka berkelompok atau berkomplot memiliki jaringan yang terhubung baik itu dari pemetik, joki, bahkan sampai ke tenaga,” jelasnya.

Maka dari itu, dia meminta kepada masyarakat untuk bisa menjadi polisi bagi diri sendiri dengan menjaga diri untuk meningkatkan kewaspadaan jika masih diluar rumah pada tengah malam.

“Karena kejahatan tidak mengenal waktu, tempat, dan sasaran. Sehingga dari masyarakat diharapkan menjaga diri dan waspada dalam menjaga semuanya beserta barang-barang berharganya,” tutup Yohannes. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan