Jokowi Tiba di Roma Siap Hadiri KTT G20

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Fiumicino, Roma, Italia, pada Jumat, 29 Oktober 2021. Pesawat Garuda Indonesia berkode GIA-1 mendarat sekitar pukul 17.34 waktu setempat setelah menempuh perjalanan 13 jam.

Presiden Jokowi disambut Duta Besar LBBP RI untuk Italia Esti Andayani, juga disambut oleh pejabat setempat, Raimondo de Cardona dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Roma, Kolonel Laut TNI Wachyad.

Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju hotel tempatnya bermalam. Setibanya di hotel, Presiden disambut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ada juga Duta Besar RI untuk Vatikan Laurentius Amrih Jinangkung dan DCM KBRI Roma Leffianna Hartati Ferdinandus. Jokowi akan bermalam untuk kemudian melanjutkan agenda kerja, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Sebelumnya, Jokowi menyebut kunjungan ke Italia merupakan rangkaian kunjungan kerja ke tiga negara. Selain Italia, Jokowi mengunjungi Britania Raya, dan Persatuan Emirat Arab.

“Ini adalah kunjungan bilateral pertama saya di masa pandemi. Saya akan pergunakan kunjungan ini untuk memperkuat kerja sama, terutama di bidang perdagangan dan investasi,” ungkap Presiden Jokowi di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat, 29 Oktober 2021.

Dapat disampaikan, kunjungan ke Roma, Italia, Presiden Jokowi akan berpartisipasi pada KTT G20 yang digelar pada 30-31 Oktober 2021. Sedangkan di Glasgow, Britania Raya, Presiden akan berpartisipasi dalam KTT Pemimpin Dunia COP26, pada 1-2 November 2021. (Fin-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan